Alif Ilham Adha, NIM.: 18104010026 (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI TPA MASJID AL-FURQAN JATIREJO LENDAH KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI TPA MASJID AL-FURQAN JATIREJO LENDAH KULONPROGO)
18104010026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI TPA MASJID AL-FURQAN JATIREJO LENDAH KULONPROGO)
18104010026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kejenuhan merupakan salah satu hambatan dalam mencapai keberhasilan belajar. Dorongan dan rasa penasaran merupakan suatu hal yang harus ada dalam diri siswa. Agar mampu mengikuti dan menerima input dan output pembelajaran yang ingin dicapai. Dewasa ini pembelajaran berkembang mengikuti tuntutan zaman dengan menerapkan model luring maupun daring. Pembelajaran dengan model daring seringkali menimbulkan rasa jenuh bagi siswa akibat kurangnya interaksi dan stimulasi dengan lingkungan belajar yang seharusnya tersedia. Untuk mengatasi kejenuhan belajar, pendidik melalui kompetensi pedagogik hendaknya mampu memfungsikan lembaga pembelajaran non-formal sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pada pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik Guru dalam meningkatkan minat belajar santri TPA Masjid Al-Furqon meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan potensinya. Adanya kompetensi pedagogik tersebut dapat dikaitkan dengan empat indikator minat belajar: perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan serta pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan potensinya (2) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar adalah perhatian orang tua dan adanya donator, serta penguasaan kompetensi pedagogik. Sedangkan faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar santri, seperti: kurangnya perhatian orang tua siswa, keterbatan pendidik, belum tersedianya APE
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Kompetensi Pedagogik, Santri TPA |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:28 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:28 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55991 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |