PROGRAM KHUSUS FATHU KUTUB AT-TURAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA KITAB PADA SANTRI KELAS XII (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)

Isnaeni Abdul Azzam, NIM.: 18104020043 (2022) PROGRAM KHUSUS FATHU KUTUB AT-TURAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA KITAB PADA SANTRI KELAS XII (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KHUSUS FATḤU KUTUB AT-TURÂṠ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA KITAB PADA SANTRI KELAS XII (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023))
18104020043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KHUSUS FATḤU KUTUB AT-TURÂṠ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA KITAB PADA SANTRI KELAS XII (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023))
18104020043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pondok pesatren Ibnul Qoyyim dalam meningkatkan motivasi membaca kitab pada santri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan fatḥu kutub at-turăṡ dalam meningkatkan motivasi membaca kitab siswa kelas XII pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Untuk mengetahui pengaruh program khusus fatḥu kutub at-turăṡ kelas XII pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi membaca kitab pada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ialah ketua pelaksana kegiatan fatḥu kutub at-turăṡ, pelaksana kegiatan fatḥu kutub at-turăṡ, dan santri yang mengikuti kegiatan fatḥu kutub at-turăṡ. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dokumentasi digunakan untuk menunjukkan peningkatan motivasi membaca kitab pada santri kelas XII. Hasil dari penelitian fatḥu kutub at-turăṡ dalam motivasi membaca kitab pada santri yaitu proses kegiatan dimulai dari Pembukaan dan pembekalan, bahṡu al-maṡăil individu dengan bahasa Arab, Bahṡu al-maṡăil kelompok dan penulisan makalah, presentasi fatḥu kutub at-turăṡ oleh Kelompok dan diakhiri dengan penutupan. Kegiatan ini menjadi kompetisi dalam menciptakan persaingan yang baik antara santri untuk terus mengasah kemampuan membaca. Adanya keinginan yang kuat pada santri. Dorongan dan kebutuhan dalam mengasah kemampuan bahasa Arab. Harapan yang tinggi dari dalam diri santri pada bahasa sebagai kunci untuk mempelajari ilmu pengetahuan dunia. Penghargaan bagi santri yang berprestasi. Didukung oleh lingkungan berbahasa yang kondusif sehingga santri dapat dengan mudah dalam menyelesaikan masalah yang didapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Bahasa Arab, Fatḥu Kutub At-Turas
Subjects: Psikologi > Motivasi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kitab Kuning
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:33
Last Modified: 09 Feb 2023 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum