PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SUKORINI

Fitriani, NIM.: 18104080059 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SUKORINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SUKORINI)
18104080059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SUKORINI)
18104080059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar IPA di kelas V MI Ma’arif Sukorini tahun ajaran 2022/ 2023. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Sukorini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini menggunakan design penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V MI Ma’arif Sukorini. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive yaitu 26 siswa kelas VA dan 27 siswa kelas VB. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes. Sebelum diberi perlakuan siswa diberi pretest dan selanjutnya siswa diberikan perlakuan. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran IPA dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Kelas Ekperimen memperoleh rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan posttest yang ada dikelas kontrol. Pada kelas eksperimen rata-rata nilai posttest adalah 84,50 sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 77,85. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Simple T-test pada aplikasi SPSS 22, dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Nilai signifikansi pada kolom Sig. (2-Tailed) menunjukkan hasil 0,007. Karena 0, 007 < 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti bahwa penggunaan model discovery learning mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Sukorini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 09:48
Last Modified: 09 Feb 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum