RESILIENSI EKS PENYINTAS TRAFFICKING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUPNYA (Studi Pusat Pembelajaran Perempuan Dan Anak LSM Mitra Wacana)

Sofyan Tri Untoro, S.Sos, NIM.: 20200012054 (2022) RESILIENSI EKS PENYINTAS TRAFFICKING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUPNYA (Studi Pusat Pembelajaran Perempuan Dan Anak LSM Mitra Wacana). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI EKS PENYINTAS TRAFFICKING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUPNYA (Studi Pusat Pembelajaran Perempuan Dan Anak LSM Mitra Wacana))
20200012054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI EKS PENYINTAS TRAFFICKING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUPNYA (Studi Pusat Pembelajaran Perempuan Dan Anak LSM Mitra Wacana))
20200012054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan yang menjadi korban Trafficking memiliki beberapa bentuk saat menjadi korban Trafficking diantaranya pengantin pesanan yang mana didalamnya berbentuk eksploitatif, perempuan yang dijadikan perbudakan. Konsep resiliensi merupakan dasar yang pas untuk mengkaji masalah kemampuan perempuan dalam keluar dari permasalahannya. Dan teori Human Clien Centered ini menitiberatkan keberdayaan sesoraang itu ada pada dirinya sendiri dan juga faktor-faktor dalam meningkatkan resiliensi terdapa kepercayaan, kepribadian, dan juga sumber daya yang dimiliki. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah dan jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitiani ini adalah primer dan sekunder dengan teknik penentuan sampel adalah purposive sampling. Yang terdiri dari anggota P3A Renganis dan juga LSM Mitra Wacana, dan Community Organizer di daerah Sentolo Kulon Progo. Dan hasil penelitianya adalah Ada beberapa penyebab terjadinya Trafficking yaitu faktor internal dan eksternal dalam faktor internalnya ada pengaruh kepribadian dan juga inovasi sementara dalam faktor eksternalnya ada dukungan sosial keluarga dan modal sosial serta masalah lain di hadapi oleh eks penyintas trafficking adalah terhimpitnya posisi dan peran perempuan dalam keluarga, diskriminasi perempuan. Dan bentuk intervensi yang dilakukan oleh P3A Rengganis untuk meningkatkan resiliensinya ada 2 hal yang utama pertama pendampingan individu yang terdiri dari asesmen dan konseling yang dilakukan oleh P3A Renganis guna mengurangi masalah eks penyintas trafficking dengan konseling dan asesmen. Sementara dalam pendampingan kelompok P3A Rengganis melakukan berbagai pemberdayaan seperti pemberdayaan ekonomi UMKM, Cathering makanan, penguatan kelompok dan monitoring kegiatan yang sering di pantau langsung P3A Renganis. Dan hasil lainnya faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya resiliensi adalah 2 faktor internal yang didalamnya ada kepribadian, dan faktor eksternal dukungan keluarga, sosial dan modal sosial. Dan hasil yang dicapai dalam peningkatan resiliensi ini adalah, adanya peningkatan pengetahuan, membuka peran dan partisipasi perempuan, dan meningkatnya kesadaran dan advokasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: resiliensi; P3A Rengganis; Bisnis Knowledge Management, self efficacy
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Feb 2023 13:58
Last Modified: 09 Feb 2023 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum