PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATIC RELYDRON (MAGNETIC RESIN POLYHEDRON) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTS KELAS VIII

Riza Nur Fadila, NIM.: 18106000022 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATIC RELYDRON (MAGNETIC RESIN POLYHEDRON) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTS KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATIC RELYDRON (MAGNETIC RESIN POLYHEDRON) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTS KELAS VIII)
18106000022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATIC RELYDRON (MAGNETIC RESIN POLYHEDRON) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTS KELAS VIII)
18106000022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Matic Relydron (Magnetic Resin Polyhedron) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar SMP/MTS Kelas VIII yang valid. Matic Relydron (Magnetic Resin Polyhedron) merupakan media pembelajaran berupa alat peraga yang berbahan dasar resin dan magnet yang dibuat untuk memvisualisasikan unsur-unsur bangun ruang sisi datar dan memberikan pemahaman konsep luas permukaan bangun ruang sisi datar yang dilengkapi dengan manual book dan kit box. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model PPE dengan tiga tahapan pengembangan yaitu planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Produk dalam penelitian ini yaitu Matic Relydron dilakukan uji kevalidan menggunakan lembar skala penilaian kualitas produk oleh ahli materi dan ahli media. Ahli materi dan ahli media tersebut merupakan dua Dosen Pendidikan Matematika dan satu Guru Matematika SMP. Media Pembelajaran Matic Relydron (Magnetic Resin Polyhedron) dinyatakan valid apabila hasil penilaian ahli materi dan ahli media mencapai kategori minimal baik menurut tabel kriteria penilaian produk oleh ahli. Berdasarkan hasil penilaian kualitas Media Pembelajaran Matic Relydron oleh ahli materi, termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian kualitas Media Pembelajaran Matic Relydron oleh ahli media, termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis penilaian produk oleh ahli materi dan ahli media tersebut, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Matic Relydron dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Burhanuddin Latif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Pemahaman Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:40
Last Modified: 09 Feb 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum