EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X

Zahara Naufallinda Sidik, NIM.: 19104060001 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X)
19104060001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (945kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X)
19104060001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan utama suatu pendidikan di sekolah. Tindakan yang dilakukan oleh pendidik pada kegiatan belajar mendorong tumbuh kembang peserta didik. Output yang diharapkan setelah kegiatan belajar diantaranya adalah critical thinking. Critical thinking menjadikan peserta didik berpikir dan bekerja serta dapat mengkaitkan pembelajaran dengan hal lain. Critical thinking melatih peserta didik menemukan solusi yang akurat serta terstruktur. Critical thinking skill mendorong peserta didik menganalisis dan mengevaluasi informasi yang relevan dan valid. Paradigma pembelajaran saat ini telah beralih dari teacher-centered ke student-centered, namun pelaksanaannya masih belum ideal. Minimnya pemahaman konsep berpikir kritis menjadi masalah yang dihadapi khususnya pada pembelajaran kimia. Salah satu materi yang dianggap sukar, dan bersifat abstrak adalah reaksi redoks. Oleh karena itu, perlunya model pembelajaran beserta media yang tepat guna mengoptimalkan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya guna model PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep reaksi redoks. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, kelas 10 IPA 5 (eksperimen) dan 10 IPA 3 (kontrol). Teknis analisis menggunakan soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan nilai sig. soal tes 0.03<0.05 dan sig. angket 0.02<0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan pembelajaran PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep materi reaski redoks efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Reaksi Redoks, Problem Based Learning, Chemistry Mystery Box
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 15:35
Last Modified: 09 Feb 2023 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum