PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM DOKTOR (Studi Pada Program Studi PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga, UIN Maulana Malik Ibrahim dan UIN Ar-Raniry)

Aida Hayani, NIM.: 19304012001 (2022) PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM DOKTOR (Studi Pada Program Studi PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga, UIN Maulana Malik Ibrahim dan UIN Ar-Raniry). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM DOKTOR (Studi Pada Program Studi PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga, UIN Maulana Malik Ibrahim dan UIN Ar-Raniry))
19304012001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM DOKTOR (Studi Pada Program Studi PAI di FITK UIN Sunan Kalijaga, UIN Maulana Malik Ibrahim dan UIN Ar-Raniry))
19304012001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan alasan kurikulum Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengacu pada KKNI masih memiliki sejumlah permasalahan. Selain itu, pengembangan kurikulum belum sepenuhnya mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan stakeholders. Penelitian ini bertujuan: Pertama, menganalisis dan menemukan mengapa kurikulum PAI tidak sepenuhnya fokus pada core bidang keahlian PAI. Kedua, menganalisis desain pengembangan kurikulum Program Studi Doktor PAI di UIN Sunan Kalijaga, UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry. Ketiga, menelaah implementasi kurikulum Program Studi Doktor PAI di UIN Sunan Kalijaga, UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry. Keempat, menelaah sejauh mana capaian learning outcome pada kurikulum Program Studi Doktor PAI di UIN Sunan Kalijaga, UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Program Studi Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga, UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry. Subjek penelitian ini adalah dosen, para pengelola prodi, dan mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample, artinya informan yang pilih dianggap mengetahui informasi serta masalah dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis kualitatif melalui empat tahap yaitu Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penyimpulan data/ verifikasi. Uji kredibilitas dilakukan dalam penelitian ini melalui triangulasi pada sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kurikulum PAI belum sepenuhnya fokus pada core bidang keahlian PAI karena para pemangku kebijakan tidak memahami core keilmuan PAI secara subtansi serta belum sepenuhnya melibatkan pemangku kepentingan dalam menyusun kurikulum. Dari ketiga perguruan tinggi secara struktural umumnya sesuai dengan body of knowledge keilmuan Program Studi Doktor PAI (Aqidah, Akhlak, SKI, Fiqh, Al-Quran, dan Hadits). Secara substansi Program Studi Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga yogyakarta sudah sesuai. sementara itu, UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry belum sepenuhnya sesuai: (2) Desain kurikulum Program Studi Doktor di ketiga UIN dari sisi unsur KKNI sudah sesuai dengan tuntutan KKNI. Apabila dilihat dari sisi konten atau subtansi KKNI, UIN Sunan Kalijaga sudah memenuhi constructive alignment. Sementara itu, UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry belum sepenuhnya memenuhi constructive alignment mulai dari profil lulusan prodi, deskripsi level 9 dalam KKNI, CPL, bahan kajian dan penetapan mata kuliah, proses pembelajaran dan penilaian. Hal ini dapat dilihat ketika diturunkan dalam mata kuliah belum sepenuhnya mengacu pada konstruk tersebut. Penyebabnya adalah ketidakpahaman terhadap body of knowledge prodi serta belum sepenuhnya melibatkan pemangku kurikulum seperti pemangku kebijakan, mitra kerja sama, pengguna lulusan serta alumni: (3)implementasi kurikulum Program Studi Doktor PAI berbeda antara ketiga UIN. Dari segi perencanaan UIN Sunan Kalijaga dan UIN Ar-Raniry sudah sesuai dengan tuntutan KKNI. Sementara, UIN Maliki belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan KKNI. Pada segi pelaksanaan ketiga perguruan tinggi sudah sesuai dengan tuntutan KKNI. Dari segi penilaian, Program Studi Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga sudah sesuai dengan tuntutan KKNI yang penilaiannya mencapai level C6 atau to create, sementara Program Studi Doktor PAI UIN Maliki dan UIN Ar-Raniry belum sepenuhnya sesuai dikarenakan penilaiannya mencapai level C3 atau to apply: (4) Capaian learning outcome Program Studi Doktor PAI diukur secara internal dan eksternal. Secara internal ketercapaian CPL yang dilakukan ketiga Program Studi Doktor PAI belum mencakup keseluruhan aspek, karena yang dinilai baru aspek keterampilan khusus dan pengetahuan. Secara pencapaian ketiga Program Studi Doktor PAI berbeda. Ketiga perguruan tinggi memiliki mahasiswa yang telah memiliki karya tulis ilmiah baik di jenjang nasional maupun internasional. Secara mayoritas perolehan dari segi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ketiga perguruaan tinggi berbeda-beda. Alumni Program studi Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga dan UIN Maliki memiliki IPK dengan kategori sangat baik. Sementara itu, UIN Ar-Raniry memiliki IPK dengan kategori baik. Hal itu menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Doktor di ketiga universitas telah memiliki alumni yang berdaya saing.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor I: Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag. dan Promotor I: Prof. Dr. H. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: learning outcome; RPP; curriculum; OBE; constructive alignment
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Feb 2023 09:04
Last Modified: 10 Feb 2023 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56046

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum