EVALUASI DESAIN LINGKUNGAN KERJA FISIK DI UPT PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERBASIS PERSEPSI PUSTAKAWAN

Nurjannah Saputri, NIM.: 20200011018 (2022) EVALUASI DESAIN LINGKUNGAN KERJA FISIK DI UPT PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERBASIS PERSEPSI PUSTAKAWAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI DESAIN LINGKUNGAN KERJA FISIK DI UPT PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERBASIS PERSEPSI PUSTAKAWAN)
20200011018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI DESAIN LINGKUNGAN KERJA FISIK DI UPT PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERBASIS PERSEPSI PUSTAKAWAN)
20200011018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya yang dilakukan perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang, dan mengetahui kendala apa yang ada dalam melakukan pengelolaan perpustakaan berbasis desain lingkungan kerja fisik pustakawan di UIN Raden Fatah Palembang sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja fisik yang nyaman bagi pustakawan dalam bekerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi lalu diikuti dengan wawancara sebagai dan dokumentasi dibutuhkan sebagai pelengkap. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik purposive. Purposive adalah teknik pengambilan sampel ataupun informan atas pertimbangan tertentu yang didasarkan pada pemenuhan kebutuhan informasi. Dalam hal ini, peneliti memilih kepala perpustakaan, pustakwan dan staff perpustakaan yang berada dalam lingkungan kerja di dalam perpustakaan. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya untuk memenuhi lingkungan kerja fisik pustakawan yang dilakukan perpustakaan UIN Raden Fatah dari segi pencahayaan, penghawaan atau tata udara, tata suara, keamanan, penggunaan material, dan warna sudah cukup baik untuk. Namun masih ada kendala di penataan ruangan pustakawan yang belum terlalu tertata, bangunan/material yang masih ada yang rusak, bangunan yang rusak dapat mengancam keselamatan dan mengganggu pustakawan dalam bekerja. (2) Kendala yang di hadapi dalam melakukan pengelolaan perpustakaan berbasis desain lingkungan kerja fisik pustakawan di UIN Raden Fatah Palembang yaitu anggaran. Kendala lainnya ialah keadaan bangunan yang perlu di perbaiki karena bisa mengancam keselamatan pustakawan, walaupun hal ini belum pernah terjadi. Solusi mengatasi kendala dalam melakukan pengelolaan perpustakaan berbasis desain lingkungan kerja fisik pustakawan di UIN Raden Fatah Palembang, ialah dengan melakukan pengajuan dari jauh-jauh hari dan membuat program/rancangan dari satu tahun sebelumnya agar dapat mengantisipasi jika ada perubahan atau perbaikan terhadap rancangan anggaran tersebut. Uang yang diterima oleh perpustakaan dikelola terlebih dahulu sampai pengajuan yang selanjutnya, uang yang ada dijadikan uang kas atau di simpan menjadi dana tak terduga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Roma Ulinnuha,S.S.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: lingkungan kerja; pustakawan; ergonomi; pencahayaan; kebisingan
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Feb 2023 09:22
Last Modified: 10 Feb 2023 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum