SINERGITAS INTERVENSI LSM MITRA WACANA DAN KOMUNITAS LOKAL KECAMATAN GALUR DALAM MEMBERDAYAKAN PENYINTAS HUMAN TRAFFICKING

Hasyim Abdillah, NIM.: 20200012080 (2022) SINERGITAS INTERVENSI LSM MITRA WACANA DAN KOMUNITAS LOKAL KECAMATAN GALUR DALAM MEMBERDAYAKAN PENYINTAS HUMAN TRAFFICKING. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINERGITAS INTERVENSI LSM MITRA WACANA DAN KOMUNITAS LOKAL KECAMATAN GALUR DALAM MEMBERDAYAKAN PENYINTAS HUMAN TRAFFICKING)
20200012080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SINERGITAS INTERVENSI LSM MITRA WACANA DAN KOMUNITAS LOKAL KECAMATAN GALUR DALAM MEMBERDAYAKAN PENYINTAS HUMAN TRAFFICKING)
20200012080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Human Trafficking menjadi masalah yang serius dalam kehidupan sosial masyarakat Kulon Progo dengan adanya Bandara Internasional yang di bangun menjadikan Human Trafficking semakin mudah masuk dalam Lingkungan masyarakat Kabupaten Kulon Progo. Intervensi dan Pemberdayaan memainkan peranan yang penting antara Komunitas sosial maupun lokal. LSM Mitra Wacana Dan Pusat Pembelajaran Perempuan Dan Anak Sebagai Organisasi Lokal yang turut membantu LSM Mitra Wacana dan juga beberapa komunitas-komunitas sosial dan menanggulangi masalah human trafficking. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif, dengan sumber data penelitian ini ada 2 yaitu data primer dan sekunder dan jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dan yang terdiri dari 6 perwakilan komunitas lokal kecamatan galur, dan 4 dari LSM Mitra Wacana,Penulis tertarik menggunakan pendekatan dan metode Kualitatif ini dikarenakan penulis dapat langsung berinteraksi dengan para korban trafficking dan melihat secara langsung bagaimana bentuk kolaborasi antara komunitas dan masyarakat dalam memberdayakan para korban trafficking ini. serta teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perubahan Sosial yang mana perubahan yang terjadi di masyarakat dipengaruhi oleh sistem sosialnya seperti komunitas dan kelompok-kelompok lainnya. Dan Hasil Penelitiannya Ada beberapa hal yang dilakukan Oleh LSM diantaranya adalah membuat penguatan pengorganisasian kelompok perempuan dan kelompok media desa di Kabupaten Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Melakukan Advokasi kebijakan PERBUP Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan orang di kabupaten Kulonprogo, Memberikan Edukasi Perorangan, Kelompok, Organisasi, Maupun Komunitas tentang Pentingnya Pencegahan Human Trafficking, Pembuatan Konten Media Campaign Dan Buku Oleh LSM Mitra Wacana Dalam Menanggulangi Masalah Human Trafficking. Dan yang dilakukan oleh P3A sebagai komunitas lokal kecamatan Galur Intervensi Self Knowledge and History Context Media Campaign Tirto Kemuning, Workshop Pendampingan And Education Intervensi Latihan Komunikasi Publik dan Manajemen Organisasi. Dan memiliki beberapa Intervensi yang saling terkait satu sama lain dan sinergitas kedua lembaga tersebut seperti Media Campaign, dan penguatan pengorganisasian kelompok perempuan dan hasil dari sinergitas ini adalah Menguatnya Kelompok Kelompok Perempuan Di 3 Kecamatan Kulon Progo selama 18 Bulan dan juga para penyintas merasakan dampak positifnya seperti tumbuhnya keyakinan dan kesadaran diri, mandiri dan mampu mengontrol emosi dan perasaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: perdagangan manusia; pengetahuan diri; media campaign; komunikasi publik; management organisasi
Subjects: Pekerjaan Sosial
Sosial, Gerakan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Feb 2023 09:28
Last Modified: 10 Feb 2023 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum