PELAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Perpustakaan IAIN Kerinci)

Dian Maisaroh, S.SI, NIM.: 20200011058 (2022) PELAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Perpustakaan IAIN Kerinci). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Perpustakaan IAIN Kerinci))
20200011058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Perpustakaan IAIN Kerinci))
20200011058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelayanan prima perpustakaan dalam perspektif islam di Perpustakaan IAIN Kerinci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan purposive sampling dalam teknik pengambilaan sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pelayanan prima perpustakaan dalam perspektif islam di perpustakaan IAIN Kerinci dalam memberikan kepuasan kepada pemustaka yaitu: (1) pada dimensi keandalan (reliability) perpustakaan IAIN Kerinci tidak sesuai dengan janji yang diberikan kepada pemustaka, (2) pada dimensi daya tanggap (responsive) pustakawan kurang cepat dan tanggap merespon keluhan pemustaka serta tidak tersedianya sarana untuk menyampaikan keluhan dan masukan di perpustakaan, (3) dimensi etika pustakawan yaitu sopan santun, sabar, adil dan suka menolong, pustakawan perpustakaan IAIN Kerinci belum sepenuhnya menerapkan sikap etika pelayanan ketika memberikan pelayanan kepada pemustaka, (4) dimensi fasilitas perpustakaan IAIN Kerinci dalam memberikan kepuasan kepada pemustaka terdapat beberapa kekurangan yaitu belum tersedianya OPAC, dan juga ruangan yang tidak memberikan kenyaman bagi pemustaka. kemudian terdapat 3 aspek pelayanan yang islami yaitu keikhlasan, sesuai dengan syaria‘at, dan memberikan yang terbaik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada perpustakaan IAIN Kerinci belum sepenuhnya menerapkan konsep-konsep pelayanan yang islami dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka. Dengan adanya penelitian ini diharapkan perpustakaan IAIN Kerinci dapat meningkatkan pelayanan dengan meneladani sifat Rasulullah SAW dan berlandaskan pada Al-Qur‘an dan Hadits dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SS., M.Si
Uncontrolled Keywords: pelayanan prima; perspektif Islam; kepuasan pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Feb 2023 09:46
Last Modified: 10 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum