PENGEMBANGAN METODE QAWAID-TARJAMAH DENGAN COOPERATIVE LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SANTRI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KLASIK DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTABA’ BUNTET CIREBON

Nisaul Hasanah, NIM.: 20204022005 (2022) PENGEMBANGAN METODE QAWAID-TARJAMAH DENGAN COOPERATIVE LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SANTRI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KLASIK DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTABA’ BUNTET CIREBON. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE QAWAID-TARJAMAH DENGAN COOPERATIVE LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SANTRI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KLASIK DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTABA’ BUNTET CIREBON)
20204022005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE QAWAID-TARJAMAH DENGAN COOPERATIVE LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SANTRI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KLASIK DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTABA’ BUNTET CIREBON)
20204022005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh munculnya berbagai permasalahan dalam pembelajaran kitab klasik di pesantren Al-Muttaba’ Cirebon berupa: (1) pembelajaran kitab klasik di Pesantren Al-Muttaba’ cenderung monoton karena hanya fokus pada materi yang disampaikan pada saat itu saja, (2) guru lebih banyak menjelaskan dan santri fokus menyimak, (3) antar santri dengan santri yang lain tidak saling berpartisipasi dan berinteraksi terkait materi yang telah disampaikan guru (4) terdapat santri yang tidak fokus disebabkan mengantuk. Dari permasalahan tersebutlah para santri menjadi kurang aktif saat belajar disebabkan penggunaan metode qawaid tarjamah yang kurang inovatif dan variatif. Dengan demikian, peneliti mengembangkan metode qawaid tarjamah dengan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan santri dalam pembelajaran kitab klasik di pesantren Al-Muttaba’. Jenis penelitian ini berupa research and development (RnD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pengembangan metode qawaid tarjamah dengan cooperative learning model, untuk mengetahui implementasi pengembangan metode qawaid tarjamah dengan cooperative learning model dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan metode qawaid tarjamah dengan cooperative learning model terhadap peningkatan keaktifan santri dalam pembelajaran kitab klasik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes tindakan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif berupa analisis uji validasi kelayakan metode, uji validitas dan realibilitas angket dengan SPSS dan uji keefektifan menggunakan pretest dan posttest yang diolah nilainya dengan bantuan Excel 2013. Sumber data dalam penelitian ini adalah kyai sekaligus guru di Pondok Pesantren Al-Muttaba’ dan santri kelas 1 A Putri. Hasil penelitian ini mencakup tiga komponen diantaranya: (1) desain pengembangan metode qawaid tarjamah yang dikembangkan adalah dengan menggabungkan teknik-teknik pembelajaran metode qawaid tarjamah dengan model pembelajaran kooperatif, sehingga terbentuk metode baru hasil dari penggabungan tersebut. Desain metode baru berupa langkah-langkah proses pembelajaran yang mencakup: (a) pembukaan, (b) penerjemahan kata per kata beserta penjelasan makna, (c) pembentukan kelompok dan pemberian tugas, (d) pembimbingan kelompok, (e) presentasi hasil, (f) tanggapan, (g) evaluasi, (h) apresiasi, (i) penutup, (2) implementasi metode qawaid tarjamah yang dikembangkan diuji cobakan pada kelas 1 A yang berjumlah 19 dan terdapat tiga tahap yaitu pembukaan, pembahasan dan penutup. (3) Tingkat kefektifan metode qawaid tarjamah yang dikembangkan berkategori sangat baik. Hal ini diperoleh dari pretest dan posttest. Skor yang diperoleh dari pretest sebesar 31% dan skor yang diperoleh dari protest sebesar 83% sehingga memiliki selisih 52%. Dengan demikian pengembangan metode qawaid tarjamah dengan cooperative learning model dalam pembelajaran kitab klasik di pesantren Al- Muttaba’ Cirebon dikatakan efektif dalam meningkatkan keaktifan santri sebesar 52%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Qawaid Tarjamah, Cooperative Learning Model, Kitab Klasik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 11:12
Last Modified: 10 Feb 2023 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56077

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum