PENGEMBANGAN MEDIA KoDiBA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nida Farhani Mubarokah, NIM.: 20204022013 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KoDiBA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KoDiBA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
20204022013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KoDiBA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
20204022013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IPA di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media dalam pembelajaran masih sederhana sehingga siswa mengalami kejenuhan dan kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Selain itu, yang menjadi sorotan adalah pada maharah al-qirāah yang memang begitu terlihat kebosanan dan ketidak sukaan siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Arab. Disamping itu, pembelajaran di era saat ini menuntut manusia bergelut dengan teknologi. Oleh karena itu, penulis mengembangkan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan media komik digital berbasis android menggunakan ispring suite 10. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode research and development (RnD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta, untuk menghasilkan desain media, mengimplementasikan dan mengetahui hasil respon siswa terhadap media pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan skala likert empat, dan analisis butir soal menggunakan SPSS. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab, siswa kelas XI IPA, ahli media, ahli dan ahli materi, serta buku ajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta saat ini masih tergolong pasif walaupun buku ajar yang digunakan sudah menggunakan format pdf, dan ditampilkan di layer proyektor. (2) Desain pengembangan bahan ajar dengan media Komik Digital Bahasa Arab yang berbasis android menggunakan ispring suite 10 terdiri dari lima tahap; a) Analisis, yakni tahap identifikasi masalah; (b) Desain meliputi materi dan indikator pembelajaran, flowchart dan prototipe aplikasi; (c) Pengembangan yaitu tahap membuat dan memvalidasi aplikasi; (d) Implementasi, mempersiapkan pendidik dan peserta didik; (e) Evaluasi, tahap menilai kualitas aplikasi. (3) Implementasi pengembangan bahan ajar dengan menggunakan media komik digital berbasis android dilakukan dengan uji coba pada kelas XI IPA melalui tiga tahapan yaitu, pendahuluan, inti dan penutup. Hasil respon guru dan siswa didapatkan dari hasil penilaian kuesioner yang disebar setelah uji coba media. Hasil respon guru dan siswa adalah sebagai berikut: (a) Respon guru terhadap media ini diperoleh rata-rata 3,7 dan presentase sebesar 94% yang kedua nya dalam skala likert empat berada pada kategori “sangat baik”. (b) Respon siswa diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek adalah sebesar 38,9 dengan presentase sebesar 97,25% dengan kategori skala likert empat yaitu “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Komik Digital.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 14:21
Last Modified: 10 Feb 2023 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum