PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRADAT BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR ) BAGI SISWA KELAS VIII MTS SWASTA TERPADU KOTA LANGSA TAHUN AJARAN 2021-2022

Raihan Safira Aulia, NIM.: 20204022014 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRADAT BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR ) BAGI SISWA KELAS VIII MTS SWASTA TERPADU KOTA LANGSA TAHUN AJARAN 2021-2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRADĀT BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR ) BAGI SISWA KELAS VIII MTS SWASTA TERPADU KOTA LANGSA TAHUN AJARAN 2021-2022)
20204022014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRADĀT BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR ) BAGI SISWA KELAS VIII MTS SWASTA TERPADU KOTA LANGSA TAHUN AJARAN 2021-2022)
20204022014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.) bagaimana desain pengembangan bahan ajar mufrodāt menggunakan augmented reality (AR) bagi siswa kelas VIII MTs Swasta Terpadu Kota Langsa. 2.) bagaimana hasil validasi para ahli terhadap bahan ajar mufrodāt menggunakan augmented reality. 3.) bagaimana hasil implementasi bahan ajar mufradāt berbasis Augmented Reality bagi siswa kelas VIII di MTs Swasta Terpadu Kota Langsa. Penelitian ini termasuk kategori penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE DenganTeknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan rumus persentase rumus nilai rata-rata. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, dan uji efektivitas. Berdasarkan tahapan tersebut telah menghasilkan bahan ajar mufradāt menggunakan Augmented Reality (AR) yang telah lolos uji validasi oleh ahli materi, guru, dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) desain bahan ajar mufradāt terdiri dari halaman utama, petunjuk mengakses gambar 3D, materi yang menarik yang yang dukung dengan mufradāt bergambar 2D dan 3D yang didesain menggunakan barcode pada sisi kiri dan kanan mufradāt, dan latihan soal untuk evaluasi mandiri bagi peserta didik. 2) Hasil validasi dari beberapa ahli materi dan guru terhadap bahan ajar digital bahasa Arab berada pada tingkat kategori baik. Hasil penilaian validasi dari ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,2 dalam kategori baik, validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,45 dalam kategori baik dan validasi guru dengan skor rata-rata 4,68 dalam kategori baik. 3) hasil pengembangan dan implementasi produk bahan ajar mufradāt terhadap keefektifan dalam meningkatkan mahārah istimā‘ dan kalām siswa kelas VIII MTs Swasta Terpadu Kota Langsa dapat dibuktikan melalui soal pretest dan posttest yaitu pada perbedaan skor rata-rata 41,83 sebelum menggunakan produk dan 80,54 setelah menggunakan produk bahan ajar mufrodāt. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar mufrodāt menggunakan augmented reality mempunyai efektifitas yang baik dalam meningkatkan mahārah istimā‘ dan kalām siswa di MTs Swasta Terpadu Kota Langsa. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan Uji Paired Sample T-Test menggunakan SPSS 29 dan menunjukan nilai signifikansi sebesar 0.001. nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. adanya peningkatan hasil belajar juga dibuktikan dengan Uji N-Gain. dan mendapat nilai sebesar 0,66 dan termasuk kedalam kriteria peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing:
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Augmented Reality (AR), Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 14:25
Last Modified: 10 Feb 2023 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum