PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA KARANGASEM YOGYAKARTA)

Elfrida Rahma Valentina Dewi, NIM.: 20204031020 (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA KARANGASEM YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA KARANGASEM YOGYAKARTA))
20204031020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA KARANGASEM YOGYAKARTA))
20204031020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan sesuatu yang mengacu berbagai perubahan proses berpikir. Perubahan terjadi sepanjang siklus kehidupan anak, dimulai dari konsepsi hingga usia delapan tahun. Perkembangan kognitif dapat berhasil apabila guru mampu memilih media yang tepat. Salah satu media yang dapat menstimulasi perkembangan kognitif adalah media loose parts. Tujuan penelitian untuk mengkaji pengaruh penggunakan media Loose Parts terhadap pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B di TK ABA Karangasem Yogyakarta dengan populasi sampel sebanyak 31 anak yang dibagi ke dalam 2 kelompok. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengumpulan data menggunakan instumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripti dan analisis inferensial dengan metode independent sample t test. Hasil penelitian ini menjelaskan penggunaan media Loose Part dilakukan ke dalam 3 skenario kemampuan kognitif yaitu aspek belajar dan memecahkan permasalahan media Loose Part dengan balok susun berwarna, kertas dan gunting dengan tema “bangunan kota”. Kedua kemampuan kognitif: berpikir logis dengan media mainan plastic yang berbentuk benda-benda langit dengan tema “bendabenda langit”. Aspek kognitif ketiga: berpikir simbolik dengan menggunakan media kaleng warna dan kancing warna dengan tema “berhitung warna”. Dilihat pada nilai signifikan masing-masing aspek kemampuan kognitif yaitu Sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media loose parts terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak Kelompok B Di TK ABA Karangasem Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Hibana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Loose Parts, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 14:29
Last Modified: 10 Feb 2023 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum