The Image of Woman in The Novel Wa Nasitu Anni Imro’ah By Ihsan Abdul Quddus and Novel Kartini By Abidah El Khaileqy (Comparative Literature Study)

Ulfa Kurnia, - and Tatik Maryatut Tasnimah, - (2022) The Image of Woman in The Novel Wa Nasitu Anni Imro’ah By Ihsan Abdul Quddus and Novel Kartini By Abidah El Khaileqy (Comparative Literature Study). LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 18 (2). pp. 143-159. ISSN online: 2548-9588 ISSN print.: 1907-3607

[img]
Preview
Text (The Image of Woman in The Novel Wa Nasitu Anni Imro’ah By Ihsan Abdul Quddus and Novel Kartini By Abidah El Khaileqy (Comparative Literature Study))
The Image of Woman in The Novel Wa.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1676.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan citra perempuan dalam novel Wa Nasitu Anni Imro’ah Karya Ihsan Abdul Quddus dan novel Kartini Karya Abidah El Khaileqy melalui kajian sastra bandingan.Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya pelaku, persepsi, motivasi, dan tindakan secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dalam suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan metode komparatif. Hasil penelitian ini akan dikemukakan beberapa data yang diperoleh sebagai bukti penelitian yaitu,Citra perempuan novel Wa Nasitu Anni Imro’ah karya Ihsan Abdul Quddus dan novel Kartini karya Abidah El Khaileqy yang terdapat dalam novel ini yaitu: 1) citra pribadi perempuan 2) citra perempuan dalam keluarga 3) citra perempuan dalam masyarakat. Kedua novel tersebut menunjukkan bahwa seorang perempuan mampu dan bisa menjadi seorang berpendidikan tinggi, berkarier dan mendapatkan hak yang sama seperti kaum laki-laki, tanpa harus dibatasi oleh aturan adat yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perbandingan; novel; citra perempuan,
Subjects: Kesusastraan Arab
Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:31
Last Modified: 13 Feb 2023 05:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum