Kajian Intertektualisasi Syair Puisi al-I'tiraf Karya Abu Nawas Dengan Lagu Andai Ku Tahu Karya Ungu Band (Analisis Sastra Bandingan)

Lalu Muhamad Rusdi Fahrizal, - and Tatik Tasnimah, - (2022) Kajian Intertektualisasi Syair Puisi al-I'tiraf Karya Abu Nawas Dengan Lagu Andai Ku Tahu Karya Ungu Band (Analisis Sastra Bandingan). Al-Fathin : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 5 (2). pp. 187-202. ISSN ISSN 2622-3325

[img]
Preview
Text (Kajian Intertektualisasi Syair Puisi al-I'tiraf Karya Abu Nawas Dengan Lagu Andai Ku Tahu Karya Ungu Band (Analisis Sastra Bandingan))
Kajian Intertektualisasi Syair Puisi al-I'tiraf.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1676241543.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendekripsikan kajian intertektualitas syair puisi ‘I’tiraf karya Abu Nawas dengan lagu Andai ku tahu karya Ungu band menggunakan teori sastra bandingan. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penulisan artikel ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti mengandalkan metode baca dan catat. Teknik baca digunakan untuk mencari keterangan-keterangan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik baca juga digunakan sebagai langkah dalam pembacaan heuristik dan hermeunetik. Adapun teknik catat digunakan sebagai pengumpulan data agar terorganisir dengan baik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Syair puisi ‘I’tiraf karya Abu Nawas dan syair lagu andai ku tahu karya Ungu band memiliki perbandingan persamaan dan perbedaan. Perbandingan persamaan dalam syair Syair puisi ‘I’tiraf karya Abu Nawas dan syair lagu andai ku tahu karya Ungu band meliputi tema, nada, majaz, amanat dan kata kongkret. Adapun perbedaanya terletak pada struktur fisik diksi dan tifografi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intertektualitas, Sastra Bandingan, Hermeunetik
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:47
Last Modified: 13 Feb 2023 05:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum