STRATEGI KONSELOR DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIVITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA KARANG INTAN

Ahmad Fadliansyah, NIM.: 19200010063 (2022) STRATEGI KONSELOR DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIVITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA KARANG INTAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KONSELOR DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIVITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA KARANG INTAN)
19200010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KONSELOR DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIVITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA KARANG INTAN)
19200010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang strategi konselor dalam menghadapi problem-problem diri konselor akibat dampak dari perilaku agresivitas narapidana di Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem apa saja yang dialami kemudian faktor penyebabnya apa sehingga problem itu muncul. Kemudian strategi apa yang digunakan untuk mengatasi problem diri konselor tersebut. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah problem apa saja yang dihadapi konselor untuk konsisten dengan profesionalitas dalam mendampingi perilaku agresif narapidana dan usaha-usaha profesionalitas apa saja yang dilakukan konselor dalam menghadapi problem konsistensi dengan profesionalitas dalam mendampingi perilaku agresif narapidana. Tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan case study. Hasil penelitian menunjukkan problem yang dialami konselor ada tiga yaitu pertama neurotic anxiety (kecemasan tinggi) penyebabnya perilaku agresif klien baik itu yang bersifat verbal maupun non verbal. Kedua bad mood (suasana hati buruk) penyebabnya sikap blocking klien. Dan yang ketiga insecure (tidak percaya diri) penyebabnya tidak memiliki sertifikasi konselor. Hasil penelitian menunjukkan usaha-usaha yang dilakukan konselor untuk mengatasi problem tersebut menggunakan strategi sufi healing. Anxiety diatasi dengan terapi zikir dan selawat, bad mood diatasi dengan terapi mendengarkan musik dan murottal al-Quran, insecure diatasi dengan terapi salat. Dari semua terapi yang diimplimentasikan menunjukkan hasil yang efektif yang ditunjukkan dengan berkurangnya rasa cemas, bad mood dan insecure yang dialami Bharata dan Abdurrahman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Hj. Casmini, M,Si.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Konselor, Terapi Islami, Pendampingan Klien Agresif
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikotropika - Narkotika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:59
Last Modified: 14 Feb 2023 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum