Nikmatul Choyroh Pamungkas, NIM.: 20200011087 (2022) PENDAMPINGAN ORANG TUA SUKU ANAK DALAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENDAMPINGAN ORANG TUA SUKU ANAK DALAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK)
20200011087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENDAMPINGAN ORANG TUA SUKU ANAK DALAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK)
20200011087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Suku Anak Dalam (SAD) merupakan masyarakat minoritas yang merupakan penduduk asli Provinsi Jambi. Masyarakat SAD memiliki tradisi turun temurun dari nenek moyang mereka, kehidupan yang tinggal di dalam hutan membuat mereka memiliki keahlian meramu, berburu dan bertani untuk bertahan hidup didalam hutan, keadaan hutan yang semakin sempit membuat mereka harus kehilangan tempat tinggal dan mengalami perubahan untuk mempertahankan kehidupan mereka. Masyarakat SAD tidak dapat membaca, menghitung dan menulis membuat mereka mengalami hal yang tidak baik seperti penipuan dan kecurangan saat bersosialisasi dengan masyarakat mayoritas. Bagi mereka pendidikan merupakan suatu hal yang dapat merusak adat mereka karena hal tersebut tidak diajarkan oleh nenek moyang mereka, namun perubahan yang terjadi membuat mereka menyadari bahwa pendidikan itu penting untuk mempertahankan kehidupan mereka saat ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat apa faktor perubahan yang terjadi pada SAD, melihat perubahan yang terjadi SAD dalam kehidupannya dan bagaimana pendampingan orang tua terhadap Pendidikan anak SAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan data menggunakan observasi, wawancara dengan 3 orang tua SAD dan 2 anak SAD dan 6 orang yang sering bersosialisasi dengan masyarakat SAD dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan kehidupan pada masyarakat SAD yaitu mengkosumsi makanan, pernikahan dengan orang luar SAD, kemajuan teknologi dan mata pencaharian. Masyarakat SAD mengalami perubahan dari banyak aspek yaitu dari segi kependudukan mereka telah memiliki KK dan KTP, dari segi kesehatan mereka menyadari untuk menjaga kebersihan dan merawat keluarga dengan makanan yang sehat dan bersih, masyarakat SAD juga telah memiliki agama yang mereka anut dan perubahan yang terjadi pada mereka mengalami dampak yang baik bagi mereka dan masyarakat yang lain. Bentuk-bentuk pendampingan orang tua SAD dalam pendidikan anak yaitu orang tua memberikan fasilitas yang digunakan anak, memberikan dukungan kepada anak agar bersemangat dalam pendidikan, mengawasi waktu anak untuk belajar, orang tua juga membantu anak saat mengalami kesulitan, orang tua juga membangun hubungan dengan pihak sekolah guru yang mengajar anak-anak SAD agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan anak dan yang terakhir orang tua memperhatikan hubungan anak dengan masyarakat mayoritas agar anak tetap menjaga perilaku dan sesuai dengan norma-norma.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Ro’fah, M.A., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Suku Anak Dalam (SAD), Masyarakat Minoritas, Tradisi |
Subjects: | Islam dan Tradisi Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 10:46 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 10:46 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56202 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |