PERUMAHAN MUSLIM SEBAGAI BENTUK RELIGIUSITAS BARU: REPRESENTASI KESALEHAN KELAS MENENGAH MUSLIM DI YOGYAKARTA

Nanda Fahrun Nisa, NIM.: 20200011088 (2022) PERUMAHAN MUSLIM SEBAGAI BENTUK RELIGIUSITAS BARU: REPRESENTASI KESALEHAN KELAS MENENGAH MUSLIM DI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUMAHAN MUSLIM SEBAGAI BENTUK RELIGIUSITAS BARU: REPRESENTASI KESALEHAN KELAS MENENGAH MUSLIM DI YOGYAKARTA)
20200011088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERUMAHAN MUSLIM SEBAGAI BENTUK RELIGIUSITAS BARU: REPRESENTASI KESALEHAN KELAS MENENGAH MUSLIM DI YOGYAKARTA)
20200011088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini membahas tentang kemunculan perumahan Muslim di Yogyakarta sebagai bentuk religiusitas baru masyarakat Muslim kelas menengah. Kajian ini difokuskan kepada upaya pembentukan identitas dan representasi kesalehan Muslim kelas menengah di Perumahan Muslim Darussalam Yogyakarta. Tujuan tesis ini adalah menjelaskan bagaimana penghuni Perumahan Muslim Darussalam membentuk identitas kolektif sebagai kelas menengah yang modern dan saleh. Dengan mengacu pada tipologi identitas Stuart Hall dan identitas kolektif Manual Castells, penulis menjabarkan pembentukan identitas kolektif dan representasi kesalehan kelas menengah di Perumahan Muslim Darussalam. Adapun tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi identitas di Perumahan Muslim Darussalam secara terperinci, pengumpulan data mendalam, dan melibatkan berbagai sumber informasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di Perumahan Muslim Darussalam. Hasil dari penelitian ini adalah identitas terbentuk mulai dari keinginan kelas menengah untuk tinggal dengan sesama Muslim yang didukung oleh fasilitas yang disediakan oleh pengembang dan membuat program-program terstruktur di Perumahan Muslim Darussalam. Adapun representasi kesalehan penghuni perumahan Muslim dapat dilihat dari kehidupan keseharian, dimana penghuni Perumahan Muslim Darussalam dapat bersosial dengan penghuni non Muslim, warga perumahan lain dan masyarakat setempat, serta menunjukkan gaya hidup Muslim kelas menengah yang modern dan taat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perumahan Muslim, Muslim Kelas Menengah, Identitas Kolektif, Representasi Kesalehan
Subjects: Komunikasi Sosial
Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:02
Last Modified: 14 Feb 2023 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum