TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING DALAM MENUMBUHKAN MAKNA HIDUP RESIDEN REHABILITASI NARKOBA DI KLINIK PRATAMA SEGAR WARAS BNN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sahrul Karim, NIM.: 20200012045 (2022) TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING DALAM MENUMBUHKAN MAKNA HIDUP RESIDEN REHABILITASI NARKOBA DI KLINIK PRATAMA SEGAR WARAS BNN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING DALAM MENUMBUHKAN MAKNA HIDUP RESIDEN REHABILITASI NARKOBA DI KLINIK PRATAMA SEGAR WARAS BNN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20200012045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING DALAM MENUMBUHKAN MAKNA HIDUP RESIDEN REHABILITASI NARKOBA DI KLINIK PRATAMA SEGAR WARAS BNN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20200012045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia memiliki keinginan dalam menetapkan dan menemukan makna hidupnya. Makna hidup didapatkan melalui penghayatan mendalam terhadap peristiwa yang terjadi didalam hidup penyalahgunaan narkoba.yang dianggap penting dan berharga. Penyalahgunaan narkoba masih menjadi masalah sosial yang terus berkembang hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses konseling dengan teknik motivational interviewing oleh konselor yang memiliki masalah dalam memahami makna hidup kepada penyalahguna narkoba (residen rehabilitasi). Tujuan penelitian ini juga adalah untuk menggambarkan konseling dengan teknik motivational interviewing dalam menumbuhkan makna hidup seorang residen agar dapat menemukan makna hidupnya. Metode penelitian ini adalah kualitatif-analisis dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan adalah residen rehabilitasi di Klinik Pratama Segar Waras berjumlah dua orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi-struktur, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan teknik motivational interviewing oleh konselor dalam menumbuhkan makna hidup residen rehabilitasi narkoba terdiri atas lima tahapan, yakni tahapan asesmen, ekspresi empati, mengembangkan diskrepansi, menerima resistensi, dan mendukung efikasi diri. Semua ini menunjukkan bahwa penumbuhan makna hidup dengan teknik motivational interviewing adalah efektif agar residen merasakan makna hidup dengan menerima keadaan yang terjadi pada dirinya, mengikuti kegiatan-kegiatan di lembaga, lebih mendekatkan diri kepada Allah, membangun motivasi, tujuan, dan harapan setelah rehabillitasi dan menjaga diri agar tidak kambuh kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Teknik Motivational Interviewing, Makna Hidup, Residen Rehabilitasi, Narkoba
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikotropika - Narkotika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2023 09:58
Last Modified: 15 Feb 2023 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum