KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Buku Dunia Kali Karya Puthut EA)

Azza Wulandari, NIM.: 17104010082 (2022) KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Buku Dunia Kali Karya Puthut EA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Buku Dunia Kali Karya Puthut EA))
17104010082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Buku Dunia Kali Karya Puthut EA))
17104010082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu minimnya pengetahuan ayah mengenai pentingnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak. Sering kali dijumpai bahwa peran ayah dalam keluarga hanya sebatas pencari nafkah, padahal lebih dari itu seorang ayah memiliki peran dalam mendidik dan memberikan kasih sayang kepada anak. Kehadiran ayah secara fisik, tetapi tidak memaksimalkan perannya dalam proses pengasuhan anak dapat dipahami sebagai fenomena fatherless. Buku Dunia Kali karya Puthut EA dipilih karena interaksi ayah dan anak disajikan berupa catatan harian dengan penggunaan bahasa yang lugas. Nilai-nilai parenting dalam buku ini dibungkus menjadi sebuah novel. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesesuaian antara metode yang dilakukan seorang ayah dalam buku Dunia Kali dengan metode yang diajarkan dalam pendidikan agama Islam. Hal ini bertujuan agar ayah/calon ayah memahami betul bahwasanya perannya dalam pengasuhan anak sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library research), dengan metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara, serta analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengasuhan pada buku Dunia Kali lebih banyak disajikan menggunakan pola asuh autoritatif disertai dengan penerapan metode dialog yang lebih dominan. Sebuah metode yang termasuk dalam metode pengasuhan pada ajaran agama Islam. Sejatinya metode yang diterapkan menyerap dari al-Qur’an dan as-sunnah berupa perintah Allah Swt. maupun kisah-kisah umat terdahulu, diantaranya nasihat Luqman kepada anaknya (Q.S Luqman), serta interaksi Ibrahim dengan anaknya (Q.S Ash-Shaffat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: keterlibatan ayah; pengasuhan anak; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Feb 2023 15:07
Last Modified: 14 Feb 2023 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum