IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAYANAN DI RUANG LINGKUP KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MINAHASA TENGGARA TAHUN 2022

Galuh Fajriani Mukli, NIM: 17104090071 (2022) IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAYANAN DI RUANG LINGKUP KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MINAHASA TENGGARA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAYANAN DI RUANG LINGKUP KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MINAHASA TENGGARA TAHUN 2022)
17104090071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAYANAN DI RUANG LINGKUP KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MINAHASA TENGGARA TAHUN 2022)
17104090071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih dalam proses manajemen di Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara yang berada di wilayah minoritas muslim dengan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam yang masih berkekurangan. Peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam bagaimana Kepala Seksi Pendidikan Islam sebagai Manajer di Seksi Pendidikan Islam dalam melancarkan atau mensukseskan program-program Kegiatan Pendidikan Islam di Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Kabupaten Minahasa Tenggara yang masih terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara dengan menggunakan empat teknik pengumpulan data yaitu; Teknik Wawancara, Teknik Observasi dan Studi Dokumentasi. Kemudian pada pengelolaan data berdasar pada tiga prosedur Analisa data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yakni; Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display) dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verivication). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tugas pokok Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian agama Kabupaten Minahasa Tenggara sudah berstandar nasional pada umumnya, dalam hal ini Kepala Seksi menyusun rencana kerja secara sistimatis dan terencana serta menyusun Anggaran Pendidikan Islam, melakukan pembinaan Jabatan Fungsional bagi guru Madrasah dan PAI, juga pembinaan di Lembaga Pendidikan Islam lain yakni TPQ dan Madin sesuai dengan petunjuk juknis yang telah diterbitkan. Penerapan pelayanan yang dilakukan instansi Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara dalam hal ini seksi Pendidikan Islam yang di Koordinir oleh Kepala seksi pendidikan Islam sudah maksimal, karena memberikan pelayanan secara terbuka kepada kepala sekolah, guru, dan tokoh-tokoh serta jajaran masyarakat yang ada dalam ruang lingkup pendidikan Islam di Kabupaten Minahasa Tenggara. Bimbingan yang oleh Kepala seksi pendidikan agama Islam selama ini yakni dengan mengadakan rapat koordinasi dengan pihak terkait, mengadakan bimbingan teknis serta pembinanaan kepada semua komponen yang ada dalam ruang lingkup wilayah kerja dari Kepala seksi Pendidikan Islam. Adapun keterbatasan sumber daya manusia (sdm) khususnya aparatur sipil negara (asn) Kepala seksi pendidikan Islam sebagai manajer mengoptimalisasikannya dengan mengkoordinir pramubakti yang ada dalam dua seksi, seksi pendidikan Islam dan seksi bimbingan masyarakat Islam untuk solid dan saling membantu pekerjaan masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam; pelayanan publik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:45
Last Modified: 15 Feb 2023 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum