PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN

Faizah Nur Khamidah, NIM.: 17106000034 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN)
17106000034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN)
17106000034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik khususnya pada materi fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus). Penyebab dari rendahnya pemahaman konsep tersebut salah satunya adalah penyajian materi dalam media pembelajaran yang bersifat instan. Upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi pemahaman konsep peserta didik yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) berbantu Geogebra. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) berbantu Geogebra untuk memfasilitasi pemahaman konsep peserta didik pada materi fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) yang dinyatakan dalam kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Richey dan Klein yaitu Planning, Production, Evaluation (PPE). Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian validitas produk. Subjek dalam penelitian ini yaitu validator ahli. Kriteria ketercapaian kualitas LKPD yang dikembangkan yaitu dilakukan penilaian oleh para ahli hingga dinyatakan valid. Hasil penilaian menunjukkan bahwa aspek kesesuaian materi dengan nilai 0,907, aspek kesesuaian syarat didaktik dengan nilai 0,861, aspek kesesuaian syarat konstruksi dengan nilai 0,873, aspek kesesuaian syarat teknis dengan nilai 0,94, dan aspek kesesuaian bantuan media yang digunakan dengan nilai 1,00. Secara keseluruhan hasil penelitian LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan rata-rata validitas 0,915 dan termasuk dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumbaji Putranto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: pebelajaran; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Realistic Mathematics Education (RME),
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:50
Last Modified: 15 Feb 2023 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum