PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X

Ferninda Dewi Kurniastuti, NIM.: 17106000037 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X)
17106000037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X)
17106000037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan peserta didik pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah belum adanya bahan ajar yang mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Upaya untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan LKPD dengan pendekatan PMRI untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model PPE dengan tiga tahapan yaitu Planning (perencanaan), Production (produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validitas produk. Kriteria kualitas LKPD dilakukan melalui penilaian validasi produk yang terdiri dari dua validator ahli. Berdasarkan dari hasil penilaian menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan PMRI untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X diperoleh rata-rata skor aktual 128,5. Dengan hasil tersebut, maka LKPD dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan PMRI; peserta didik; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); pendidikan matematika;
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 09:03
Last Modified: 15 Feb 2023 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum