PENGEMBANGAN E-BOOKLET KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAUN DI DUSUN SUROBAYAN BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Lutfi’atun Sya’diah, NIM.: 17106080045 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOKLET KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAUN DI DUSUN SUROBAYAN BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAUN DI DUSUN SUROBAYAN BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
17106080045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAUN DI DUSUN SUROBAYAN BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
17106080045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfologi daun yang terdapat di Dusun Surobayan Bantul, mengetahui pengembangan e-booklet karakteristik morfologi daun yang terdapat di Dusun Surobayan Bantul sebagai sumber belajar biologi dan mengetahui kualitas produk e-booklet karakteristik morfologi daun yang dikembangkan sehingga layak digunakan sebagai sumber pembelajaran biologi. Penelitian ini terdiri tahap penenelitian karakteristik morfologi daun di Dusun Surobayan Bantul dan tahap pengembangan E-Booklet karakteristik morfologi daun. Penelitian karakteristik morfologi daun dengan metode purposive sampling dan eksplorasi bebas. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini terdapat 5 karakterikstik morfologi daun yang ada di Dusun Surobayan Bantul yaitu bentuk daun (Circumscriptio), ujung daun (Apex Folii), pangkal daun (Basis Folii), tepi daun (Margo Folii) dan pertulangan daun (Nervatio). Hasil dari penelitian karakteristik morfologi daun kemudian dikembangkan dalam bentuk E-Booklet. Hasil akhir penelitian berupa E-Booklet karakteristik morfologi daun. Produk dinilai dengan menggunakan instrumen angket. Produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru biologi, dan 15 siswa kelas X IPA 1 MAN 4 Bantul. Hasil penilaian Booklet karakteristik morfologi daun oleh ahli materi mendapatkan presentase 97,1%, ahli media 89% dengan kualitas sangat layak, guru biologi 91% dengan kualitas sangat layak dan siswa 93% dengan kualitas sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: daun majemuk; sumber belajar; morfologi daun; alat dan bahan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 09:39
Last Modified: 15 Feb 2023 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum