KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN RELIGIUSITAS MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KOMPLEK HINDUN YAYASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Tamama Zuhriyah, NIM.: 18104010032 (2022) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN RELIGIUSITAS MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KOMPLEK HINDUN YAYASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN RELIGIUSITAS MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KOMPLEK HINDUN YAYASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN RELIGIUSITAS MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KOMPLEK HINDUN YAYASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya mahasiswa Komplek Hindun memiliki religiusitas yang baik, karena mahasiswa tidak hanya dituntut memiliki kompetensi pada aspek kognitif dan skill tetapi juga memiliki kompetensi pada aspek spiritual dan emosional seiring beragamnya tantangan yang akan dihadapi. Sebuhungan dengan religiusitas, menghafal al-Qur’an juga berhubungan dengan beberapa aspek religiusitas. Karena menghafal al-Qur’an merupakan kegiatan keagaaman yang mulia dalam agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menghafal mahasiswa, dimensi yang dominan dimiliki mahasiswa, hubungan antara kemampuan menghafal al-Qur’an dan religiusitas mahasiswa, dan besarnya kontribusi kemampuan menghafal al-Qur’an terdahap religiusitas mahasiswa Komplek Hindun Yayasan Ali Maksum. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 34 mahasiswa menggunakan teknik acciedental sampling dari jumlah populasi sebanyak 49 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Uji validitas variabel menunjukkan semua butir soal valid dengan taraf signifikasi 5% dan nilai rtabel = 0,3494. Uji reliabilitas dari variabel yang valid dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach > 0,60. Data hasil penelitian korelasi dianalisis dengan menggunakan uji korelasi rank spearman, sedangkan kontribusi dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa komplek Hindun paling banyak memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an 11 juz dalam kategori cukup (mean: 3,0588), (2) Dimensi religiusitas yang dominan dimiliki mahasiswa yaitu dimensi keyakinan dalam kategori sangat baik (mean: 4,739), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan (0,000) antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan religiusitas mahasiswa di komplek Hindun dengan nilai korelasi sebesar 0,639,(4) Besar kontribusi kemampuan menghafal al-Qur’an terhadap religiusitas yaitu sebesar 66,4%. Maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan religiusitas mahasiswa di komplek Hindun Yayasan Ali Maksum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; kontribusi; kemampuan menghafal Al-Qur’an; religiusitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 10:11
Last Modified: 15 Feb 2023 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum