ANALISIS KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN BELANAK (Mugil cephalus Linnaeus, 1758) HASIL TANGKAPAN DI MUARA SUNGAI OPAK BANTU

Nurul Hamidah, NIM.: 17106040009 (2022) ANALISIS KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN BELANAK (Mugil cephalus Linnaeus, 1758) HASIL TANGKAPAN DI MUARA SUNGAI OPAK BANTU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN BELANAK (Mugil cephalus Linnaeus, 1758) HASIL TANGKAPAN DI MUARA SUNGAI OPAK BANTU)
17106040009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN BELANAK (Mugil cephalus Linnaeus, 1758) HASIL TANGKAPAN DI MUARA SUNGAI OPAK BANTU)
17106040009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Muara Sungai Opak merupakan daerah aliran sungai yang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas masyarakat yang berpotensi tinggi terhadap pencemaran sampah plastik. Sampah plastik di perairan dapat terdegradasi menjadi mikroplastik yang dapat masuk ke dalam tubuh ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan dan mengidentifikasi perbedaan bentuk, warna serta ukuran mikroplastik pada saluran pencernaan ikan belanak (Mugil cephalus) di Kecamatan Kretek dan Sanden, Muara Sungai Opak Bantul. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total 18 ekor ikan hasil tangkapan pemancing. Prosedur eksperimen dilakukan berdasarkan acuan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Saluran pencernaan ikan diekstraksi dengan KOH 10 %, disaring kemudian divisualisasikan menggunakan mikroskop stereo. Jumlah kelimpahan mikroplastik di Kecamatan Kretek dan Kecamatan Sanden dibandingkan dengan uji Mann-Whitney. Analisis korelasi dilakukan antara morfometri, parameter air, jumlah mikroplastik sedimen sungai dengan kelimpahan mikroplastik organ pencernaan ikan. Bentuk, warna dan ukuran mikroplastik dianalisis secara deskriptif. Pencemaran mikroplastik pada sampel M. cephalus sebanyak 100 % dengan jumlah kelimpahan 135,2 ± 47,3 partikel/individu di Kecamatan Kretek dan 92,6 ± 19,1 partikel/individu di Kecamatan Sanden. Jumlah mikroplastik/individu memiliki perbedaan nyata antar dua lokasi (x<0,05). Akumulasi paparan mikroplastik berkorelasi positif dengan kelimpahan mikroplastik sedimen, kadar oksigen terlarut, suhu air, pH seta morfometri ikan, namun berkorelasi negatif dengan tingkat kekeruhan air sungai. Bentuk mikroplastik yang paling dominan di Kecamatan Kretek adalah fragmen hitam (84 %), sedangkan di Kecamatan Sanden didominasi oleh partikel film coklat (63 %). Partikel fiber memiliki presentase paling rendah di kedua kecamatan. Dominasi ukuran mikroplastik terdapat pada ukuran <300

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Isma Kurniatanty, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ikan Belanak, Mikroplastik, Muara Sungai Opak, Saluran Pencernaan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2023 13:43
Last Modified: 15 Feb 2023 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum