UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DISABILITAS NETRA PADA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MAN 2 SLEMAN

Nurul Khoirun Nisak, NIM.: 18104010064 (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DISABILITAS NETRA PADA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DISABILITAS NETRA PADA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MAN 2 SLEMAN)
18104010064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DISABILITAS NETRA PADA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MAN 2 SLEMAN)
18104010064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Disabilitas Netra Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MAN 2 Sleman. Latar belakang pada penelitian ini yakni masih banyak guru hususnya guru PAI yang belum mampu mengupayakan secara optimal dalam mengatasi kesulitan belajar di lembaga pendidikan yang berbasis inklusif. Dalam praktiknya, masih banyak pembelajaran yang mengalami suatu kendala ataupun hambatan yang dialami para siswa disabilitas netra. Seperti halnya pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dimana pembelajaran ini menekankan ranah membaca, menulis, menghafal, serta mengartikan dan memaknai Al-Qur’an Hadits dengan baik dan benar. Tentunya ini akan mengakibatkan timbulnya kesulitan yang dialami oleh para siswa disabilitas netra sekaligus menjadi tugas penting bagi para guru hususnya guru PAI dalam mengatasi kesulitan yang dialami oleh para siswa disabilitas netra. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa disabilitas netra pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualiatif. Adapun terdapat 2 jenis subjek penelitian yakni primer dan skunder. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa disabilitas netra di MAN 2 Sleman yakni, dalam pembelajaran guru PAI telah menggunakan tahapan-tahapan, yakni tahapan perencana, pelaksanaan dan penilaian. 2) Kesulitan belajar siswa disabilitas netra dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits, menunjukkan bahwa siswa disabilitas netra mengalami kesulitan membaca dan menulis. serta terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut. 3) Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa disabilitas netra dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yakni Guru telah mengupayakan dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis. Serta sekolah mengupayakan untuk menekan angka kesulitan pada kegiatan pembelajaran yang dialami siswa disabilitas netra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: guru PAI; kesulitan belajar; Al-Qur’an Hadits; netra; pendidikan inklusif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 13:36
Last Modified: 15 Feb 2023 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum