HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X DI SMK SMTI YOGYAKARTA

Dian Agung Pratama, NIM.: 18104010083 (2022) HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X DI SMK SMTI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X DI SMK SMTI YOGYAKARTA)
18104010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X DI SMK SMTI YOGYAKARTA)
18104010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran karena covid-19 yang secara tiba-tiba membuat siswa tidak siap untuk menghadapinya. Siswa mengalami rasa cepat bosan, tidak tertarik untuk belajar, dan susah fokus pada saat belajar. Dampaknya siswa kehilangan minat dan motivasi untuk belajar. Untuk mengembalikannya, diperlukan model pembelaran yang mumpuni. Salah satunya, model pembelajaran inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tinggi minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK SMTI Yogyakarta. 2) Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK SMTI Yogayakarta. 3) Menguji secara empiris hubungan antara Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Minat Belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK SMTI Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X di SMK SMTI sebanyak 72 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian instrumen peneletian menggunakan uji validitas, uji reablitias (cronbach alpha), dan uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas). Uji hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat Minat Belajar Siswa pada mata pelajara PAI dan Budi Pekerti diatas terdapat 72% (52 siswa) berada pada skor 42 – 52. Sehingga dapat dinyatakan bahwa minat belajar siswa termasuk dalam kategori Sedang. Sedangkan siswa yang berada dalam kategori Rendah sebanyak 15% (11 siswa), dan siswa yang berada dalam kategori Tinggi sebanyak 13% (9 siswa). 2) Tingkat Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri diatas terdapat 60% (43 siswa) berada pada skor >/ 50. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri termasuk dalam kategori Sangat Efektif. Sedangkan siswa yang berada dalam kategori Efektif sebanyak 17% (12 siswa), dan siswa yang berada dalam kategori Tidak Efektif sebanyak 23% (17 siswa). 3) Adanya korelasi yang cukup, positif, dan sangat signifikan antara Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Minat Belajar Pada Mata Pelajara PAI dan Budi Pekerti Siswa Kelas X di SMK SMTI Yogyakarta (rxy = 0.700, p (one tailed) = 0.000 < 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran inkuiri; minat belajar; PAI; budi pekerti
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 13:40
Last Modified: 15 Feb 2023 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum