NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DALAM TARIAN ADAT MASYARAKAT MUSLIM LAMAHOLOT (Studi Kasus Tarian Sole Oha Di Lamakera Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur)

Fakri Ali, NIM.: 18104010102 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DALAM TARIAN ADAT MASYARAKAT MUSLIM LAMAHOLOT (Studi Kasus Tarian Sole Oha Di Lamakera Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DALAM TARIAN ADAT MASYARAKAT MUSLIM LAMAHOLOT (Studi Kasus Tarian Sole Oha Di Lamakera Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur))
18104010102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DALAM TARIAN ADAT MASYARAKAT MUSLIM LAMAHOLOT (Studi Kasus Tarian Sole Oha Di Lamakera Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur))
18104010102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Indonesia adalah negeri kepulauan yang memiliki berbagai macam suku dan budaya yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Hal ini menjadikan Indonesia kaya akan kesenian budaya yang bercorak keIslaman. Namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan hal ini. Kajian tentang kesenian budaya yang mengandung nilai-nilai pendidikan agama Islam di Indonesia menjadi menarik untuk diteliti. Salah satunya adalah kesenian tarian Sole Oha yang berada di Nusa Tenggara Timur Terkhususnya Flores Timur, Lamakera. Kegiatan seni Tari Sole Oha yang ada di Lamakera merupakan salah satu budaya yang berlatar belakang dakwah Agama Islam, bukan hanya sebagai pementasan yang menyuguhkan hiburan semata, akan tetapi pertunjukkan kesenian ini ternyata memiliki values yang berisikan Pendidikan Agama Islam yang dapat dijadikan alat bahkan media dalam menanamkan nilai-nilai PAI secara universal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik dan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam kesenian tarian Sole Oha meliputi nilai-nilai syair yang mengandung pendidikan agama Islam. Pada gerakan kesenian tarian Sole Oha juga memiliki nilai pendidikan agama Islam yang meliputi: Menyambut tamu agung. Tarian Sole Oha dapat dilakukan atau dipentaskan ketika seseorang atau kelompok menyambut tamu agung, Upacara syukur atau keberhasilan sesuatu perjuangan. 2) nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam gerakan yang dalam kesenian tarian Sole Oha. Syair-syair dalam kesenian tarian Sole Oha memiliki nilai-nilai pendidikan agama Islam meliputi: nilai sosial, nilai moral, nilai estetika, nilai kemandirian, nilai kedisiplinan, nilai religius, nilai permohonan, nilai intelektual dan nilai persatuan dan kesatuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: tarian adat; Pendidikan Islam; tarian Sole Oha
Subjects: Adat Istiadat
Pendidikan Agama Islam
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 14:05
Last Modified: 15 Feb 2023 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum