KOREAN HIJAB STYLE SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA MUSLIMAH DI KOMUNITAS iKONIC YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mila Sastia Dwijayanti, NIM.: 18104010103 (2022) KOREAN HIJAB STYLE SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA MUSLIMAH DI KOMUNITAS iKONIC YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (KOREAN HIJAB STYLE SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA MUSLIMAH DI KOMUNITAS iKONIC YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
18104010103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (KOREAN HIJAB STYLE SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA MUSLIMAH DI KOMUNITAS iKONIC YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
18104010103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah menyebarnya budaya Korean Pop yang semakin meluas, salah satunya kalangan remaja muslimah. Saat ini, banyak ditemukan remaja muslimah yang mengidentifikasi dirinya sebagai K-popers. Mereka memiliki cara untuk menampilkan identitasnya melalui gaya berpakaian yang disebut dengan Korean Hijab Style. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu (1) Adab berpakaian muslimah dalam ajaran Islam (2) Alasan Korean hijab style dijadikan sebagai identitas diri remaja muslimah di komunitas iKONIC Yogyakarta dan (3) Relevansi Korean hijab style sebagai identitas remaja K-popers di komunitas iKONIC Yogyakarta dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan psikologi. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja anggota komunitas iKONIC Yogyakarta. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Adab bepakaian muslimah dalam ajaran Islam meliputi menutup aurat, memakai jilbab sampai ke dada, memakai pakaian longgar, tidak tembus pandang, dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh, pakaian tidak menyerupai pakaian laki-laki dan orang kafir, tidak dimaksudkan untuk mencari pujian dari orang lain serta tidak diberi wangi-wangian yang menyengat. Remaja muslimah di komunitas iKONIC Yogyakarta secara umum sudah mengetahui dan menerapkan adab berpakaian muslimah dalam dirinya. (2) Alasan remaja muslimah di komunitas iKONIC Yogyakarta menjadikan Korean hijab style sebagai simbol identitas diri karena tren ini merupakan cara mengekspresikan diri sebagai K-popersyang tetap sadar terhadap identitasnya sebagai muslimah yang melaksanakan perintah menutup aurat. (3) Relevansi Korean hijab style sebagai identitas diri remaja muslimah di komunitas iKONIC Yogyakarta dengan Pendidikan Agama Islam yaitu terkait dalam materi adab berpakaian Islami bagi penganut agama Islam. Adab berpakaian yang telah diterapkan oleh ajaran Islam adalah salah satu sarana yang bisa menunjukkan identitas diri sebagai seorang muslim dan muslimah. Sedangkan dalam hal ini Korean hijab style yang dijadikan sebagai simbol identitas diri remaja muslimah di komunitas iKONIC Yogyakarta untuk menunjukkan diri mereka sebagai K- popers muslimah, namun tidak keluar dari kriteria berpakaian muslimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi.,M.A.
Uncontrolled Keywords: identitas diri; Korean Hijab Style; komunitas iKONIC
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 14:10
Last Modified: 15 Feb 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum