MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE PONDOK PESANTREN DI DUSUN SURUHAN BOYOLALI

Dwi Nafisatul Khoiriyah, NIM.: 18104010111 (2022) MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE PONDOK PESANTREN DI DUSUN SURUHAN BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE PONDOK PESANTREN DI DUSUN SURUHAN BOYOLALI)
18104010111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE PONDOK PESANTREN DI DUSUN SURUHAN BOYOLALI)
18104010111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya ilmu dan teknologi sekarang ini menjadikan orang tua khawatir terhadap masa depan anak mereka oleh sebab itu perhatian serta pengawasan orang tua sangat dibutuhkan dalam memilih pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk 1). mendeskripsikan motivasi orang tua di Dusun Suruhan Boyolali memasukkan anak ke pondok pesantren, 2). menganalisis perkembangan anak-anak di Dusun Suruhan Boyolali yang belajar di pondok pesantren Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan, dengan mengambil latar di Dusun Suruhan Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dengan subjek penelitian 4 orang tua Dusun Suruhan yang memasukkan anak ke pondok pesantren, 4 anak-anak Dusun Suruhan yang belajar di pondok pesantren. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik untuk mendeskripsikan dan mengnalisa lingkungan sosial atau organisasi eksternal yang mempengaruhi motivasi orang tua memasukkan anak ke pondok pesantren. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik anaisis data dengan reduksi data (pemilihan data), display (penyajian data) dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan motivasi orang tua di Dusun Suruhan Boyolali memasukkan anaknya ke pondok pesantren adalah, a) Motivasi internal: Minat, keinginan, atau harapan orang tua, b) Motivasi eksternal: Faktor lingkungan dan pendidikan. Perkembangan anak-anak di Dusun Suruhan Boyolali yang belajar di pondok pesantren mengalami banyak perubahan di antaranya yaitu: Anak menjadi turut serta aktif dalam kegiatan organisasi masyarakat, termotivasi menjadi hafidz Al-Qur’an menjadikannya lebih semangat muroja’ah dan menambah hafalan saat di rumah, mempunyai keberanian memimpin tahlil dan do’a saat ziarah kubur bersama keluarga, pandai memilah teman dan bergaul dengan teman-teman di pondok untuk latihan rebana bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S. Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: perkembangan anak; motivasi orang tua; pondok pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 14:16
Last Modified: 15 Feb 2023 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum