HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 1 NGANDONG KABUPATEN KLATEN 2021/2022

Muhammad Hajid Hasibu Wahab, NIM.: 18104010114 (2022) HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 1 NGANDONG KABUPATEN KLATEN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 1 NGANDONG KABUPATEN KLATEN 2021/2022)
18104010114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 1 NGANDONG KABUPATEN KLATEN 2021/2022)
18104010114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan di Indonesia masih belum terlalu memperhatikan peranan besar teknologi di era pandemi, khususnya dalam mengembangkan minat belajar peserta didik. Sehingga banyak peserta didik yang bosan dengan sistem pembelajaran daring di sekolah yang mengakibatkan minat belajar peserta didik menjadi rendah. SD Negeri 1 Ngandong Kabupaten Klaten merupakan sekolah yang mulai melakukan pengembangan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media berbasis internet salah satunya adalah media Youtube untuk menarik minat belajar PAI siswa serta menyesuaikan perkembangan pembelajaran pada era pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara pemanfaatan media video pembelajaran Youtube dengan minat belajar PAI siswa kelas VI di SD Negeri 1 Ngandong Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 1 Ngandong Kabupaten Klaten sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil semua populasi yaitu dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan skala Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Youtube dan skala minat belajar PAI. Data sekunder dari penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi analisis validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat belajar PAI siswa di SD Negeri 1 Ngandong Kabupaten Klaten termasuk dalam kategori “sedang” karena terletak pada interval 48-64 dengan persentase 70%. (2) Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Youtube di SD Negeri 1 Ngandong Kabupaten Klaten termasuk dalam kategori “baik” karena terletak pada interval 50-66 dengan persentase 63.3%. (3) Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan pemanfaatan media video pembelajaran Youtube dengan minat belajar PAI siswa kelas VI di SD Negeri 1 Ngandong Kabupaten Klaten dengan (rxy = 0,820, p (two tailed) = 0,000 < 0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran; Youtube; minat belajar; PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 15:09
Last Modified: 15 Feb 2023 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum