TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DI DUSUN PLOSOARUM, DESA SEKARSULI, KECAMATAN KLATEN UTARA, KABUPATEN KLATEN

M. Miftahul „Ammar, NIM.: 16350016 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DI DUSUN PLOSOARUM, DESA SEKARSULI, KECAMATAN KLATEN UTARA, KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DI DUSUN PLOSOARUM, DESA SEKARSULI, KECAMATAN KLATEN UTARA, KABUPATEN KLATEN)
16350016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DI DUSUN PLOSOARUM, DESA SEKARSULI, KECAMATAN KLATEN UTARA, KABUPATEN KLATEN)
16350016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengasuhan dalam Islam dikenal dengan istilah ḥaḍānah. Ḥaḍānah merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua kepada anak-anak mereka sejak anak masih kecil sampai anak mumayyiz. Dalam melaksanakan ḥaḍānah terdapat aspek-aspek yang harus dipenuhi oleh orang tua. Islam memandang pelaksanaan kewajiban ḥaḍānah yang ideal setidaknya dengan terpenuhi empat aspek, yaitu nafkah, pendidikan, kasih sayang dan perlindungan. Pada kenyataannya sebagian orang tua di Dusun Plosoarum, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara menunjukkan ketidakpedulian terhadap pola pengasuhan tersebut pada anak. Hal ini terlihat dari sikap mengabaikan pendidikan anak, kurangnya penanaman ilmu agama dan perilaku anak yang tidak ideal dalam masyarakat. Mengingat besarnya tanggung jawab orang tua dalam pemenuhan kewajiban ḥaḍānah, maka penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pemenuhan kewajiban ḥaḍānah oleh orang tua di dusun Plosoarum, desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di dusun Plosoarum, Sekarsuli, Klaten Utara, Klaten. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan pendekatan normatif. Analisis data yaitu kualitatif dengan menyeleksi dan Menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan kewajiban ḥaḍānah pada tiga keluarga yang menjadi narasumber dalam pemenuhan aspek-aspek ḥaḍānah menunjukkan bahwa orang tua belum memenuhi semua aspek dalam ḥaḍānah dengan baik. Banyak faktor yang menyebabkab orang tua belum bisa memenuhi aspek-aspek tersebut dengan baik, seperti faktor pendidikan orang tua menyebabkan mereka belum bisa maksimal dalam memberikan pendidikan pada anak, terutama pendidikan keagamaan. Faktor lain seperti faktor ekonomi dimana orang tua harus bekerja sampai luar kota ataupun menghabiskan waktu yang lama sehingga menjadikan orang tua kurang bisa maksimal dalam memenuhi aspek perlindungan pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Samsul Hadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Ḥaḍanah, Hukum Islam
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:41
Last Modified: 16 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum