PERANAN BI’AH ARABIYAH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PUTRA MAPK MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Aulya Fathur Rohim, NIP.: 18104020028 (2022) PERANAN BI’AH ARABIYAH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PUTRA MAPK MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERANAN BI’AH ARABIYAH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PUTRA MAPK MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
18104020028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (PERANAN BI’AH ARABIYAH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PUTRA MAPK MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
18104020028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran di MAPK MAN 1 Surakarta khususnya pembelajaran bahasa arab dengan adanya biah arabiyah, bagaimana peranan biah arabiyah terhadap kemampuan berbicara ( maharah kalam ) di MAPK MAN 1 Surakarta, dan bagaimana proses belajar mengajar di MAPK MAN 1 Surakarta khususnya pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan biah arabiyah. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif menggunakan sampel kelas 10,11, dan 12 dengan pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua pembelajaran yang berkaitan dengan biah lughowiyah,yaitu pembelajaran formal dan informal. (1)Pembelajaran formal meliputi : a) Tujuan adanya biah lughowiyah di MAPK MAN 1 Surakarta adalah untuk membentuk jiwa yang bermoral, bertanggung jawab dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa, serta harapannya adalah agar siswa / santri bisa berguna bagi masyarakat dan bisa bersaing ketika sudah menapakan kaki dijenjang pendidikan yang lebih tinggi, b) Materi yang disampaikan disesuaikan dengan kelas dan kemampuan masing-masing siswa, c) Metode yang digunakan berganti ganti disesuaikan dengan kebutuhan murid,akan v tetapi lebih dominan menggunakan Direct Method, dimana pembelajaran berlangsung secara aktif dan bersifat timbal balik, d) Media yang digunakan beragam, seperti spidol,papan tulis, dll. (2) Selain pembelajaran formal, ada beberapa pembelajaran(kegiatan) informal yang mendukung jalannya biah lughowiyah, yaitu adanya pembagian kosakata, muhadatsah, muhadoroh, dll. (3) Faktor pendukung jalannya biah lughowiyah antara lain adanya asrama, adanya peraturan yang berjalan, sarana prasarana yang memadai, dan kembalinya situasi asrama ke normal setelah pandemi covid 19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: lingkungan berbahasa; pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:03
Last Modified: 16 Feb 2023 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum