IMPLIKASI UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA TERHADAP PERIZINAN PENEGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA PERSPEKTIF MASLAHAH

Agung, NIM.: 16370010 (2022) IMPLIKASI UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA TERHADAP PERIZINAN PENEGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA PERSPEKTIF MASLAHAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA TERHADAP PERIZINAN PENEGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA PERSPEKTIF MASLAHAH)
16370010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA TERHADAP PERIZINAN PENEGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA PERSPEKTIF MASLAHAH)
16370010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terbentuknya Undang-Undang Cipta Kerja yang memiliki perbedaan dalam Undang-Undang sebelumnya menciptakan syarat-syarat administrasi yang mesti dilengkapi pelaku usaha. Untuk itu sebagai pokok masalah, bagaimana mekanisme perizinan dalam Undang-Undang Cipta Kerja dan bagaimana perizinan pengelolaan sumber daya alam dalam perspektif maslahah dan hukum administrasi negara. Pada penelitian ini terdapat dua fokus rumusan masalah yang diangkat, yakni bagaimana mekanisme perizinan dalam Undang-Undang Cipta Kerja dan bagaimana perizinan dalam maslahah dan hukum administrasi negara. Jenis penelitian ini menggunakan metode library reseach yaitu dengan mengumpulkan data pustaka dan membaca. Sebagai sumber data primer Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 Cipta Kerja. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa perizinan dalam Undang- Undang Cipta Kerja terkait pemberian nomor induk berusaha, izin, kegiatan usaha berisiko tinggi sehingga memerlukan pemenuhan standar produk, pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Hal ini dibuktikan dengan menerbitkan sertifikat standar produk berdasar hasil verifikasi. Hal ini sesuai dengan konsep maslahah Imam Malik bahwa benar-benar membuahkan maslahah yang sebenar-benarnya, maslahah sifatnya umum tidak individu, pembentukan dengan mengambil kemaslahatan tidak bertentangan dengan nash dan ijma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rizal Qosim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hukum Administrasi Negara, Maslahah, UU Cipta Kerja
Subjects: Alam dan Masyarakat
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:41
Last Modified: 16 Feb 2023 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum