MANAJEMEN PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE DEDUKTIF DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA

Achmad Nafi’ Maula, NIM.: 18104020066 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE DEDUKTIF DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE DEDUKTIF DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA)
18104020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE DEDUKTIF DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA)
18104020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Nahwu dengan metode deduktif di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta dan mengetahui kelebihan dan kekurangan metode deduktif dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. Jenis penilitan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari dua waka kurikulum, tiga tenaga pendidik, dan tiga peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Nahwu dengan metode deduktif di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta berada pada kategori baik dengan indikasi bahwa siswa sudah mampu menganalisis dan mengaplikasikan pemahaman ilmu Nahwu ke berbagai macam kitab kuning secara lisan dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal Bahasa Arab, akan tetapi kemampuan dalam menyusun kalimat secara mandiri masih kurang. Selain itu, kelebihan dan kekurangan metode deduktif dalam pembelajaran Nahwu memiliki perbedaan pada setiap tingkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen; metode deduktif; pembelajaran nahwu
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 13:10
Last Modified: 16 Feb 2023 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum