PERANAN NAZHIR DALAM PENGELOLAAN HARTA BENDA WAKAF PADA YAYASAN PENGEMBANGAN WAKAF PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL AL-IZZAH KELURAHAN KALIGANGSA KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL

Dholifun Nafsi, NIM.: 17103050058 (2022) PERANAN NAZHIR DALAM PENGELOLAAN HARTA BENDA WAKAF PADA YAYASAN PENGEMBANGAN WAKAF PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL AL-IZZAH KELURAHAN KALIGANGSA KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN NAZHIR DALAM PENGELOLAAN HARTA BENDA WAKAF PADA YAYASAN PENGEMBANGAN WAKAF PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL AL-IZZAH KELURAHAN KALIGANGSA KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL)
17103050058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN NAZHIR DALAM PENGELOLAAN HARTA BENDA WAKAF PADA YAYASAN PENGEMBANGAN WAKAF PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL AL-IZZAH KELURAHAN KALIGANGSA KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL)
17103050058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Nazhir merupakan bagian yang sangat penting dalam perwakafan, nazhir bertugas untuk mengelola, menjaga, serta mengembangkan harta benda wakaf yang diwakafkan oleh wakif. Sebab berfungsi atau tidaknya suatu perwakafan sangatlah bergantung kepada nazhirnya, karena peranan nazhir tidak saja menerima namun juga bertanggung jawab atas pengelolaan dan kelestarian harta benda wakaf. Berdasarkan survei yang sebelumnya penulis lakukan di Yayasan Pengembangan Wakaf Pendidikan Islam dan Sosial Al-Izzah, bahwa peran nazhir yayasan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya mengalami beberapa hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusia nazhir, keterbatasan sumber dana, keterbatasan jaringan kerja sama, kurangnya perhatian pemerintah terhadap yayasan, dan aturan wakaf dalam proses sertifikasi wakaf dengan biaya mahal dan waktu yang relatif lama. Melihat realitas tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai peranan nazhir dalam pengelolaan harta benda wakaf pada Yayasan Pengembangan Wakaf Pendidikan Islam dan Sosial Al-Izzah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendekatan yuridis normatif, yaitu pendekatan yang dimaksudkan untuk menjelaskan masalah yang diteliti dengan hasil penelitian yang diperoleh dalam kaitannya dengan peraturan hukum dan melihat kenyataan yang berkembang dalam masyarakat. Dalam penelitian ini penulis akan meneliti apakah peran nazhir Yayasan Pengembangan Wakaf Pendidikan Islam dan Sosial Al-Izzah dalam pengelolaan harta benda wakaf sudah sesuai dengan aturan yang berkaitan wakaf ditinjau dari hukum Islam dan hukum positif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menekankan pada data lapangan yakni Yayasan Pengembangan Wakaf Pendidikan Islam dan Sosial Al-Izzah. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peran nazhir Yayasan Pengembangan Wakaf Pendidikan Islam dan Sosial Al-Izzah sudah sesuai dengan aturan yang ada dalam hukum Islam dan hukum positif. Meskipun belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dikarenakan adanya faktor-faktor yang menghambat peran nazhir dan masih diperlukan adanya pengembangan yang dilakukan nazhir secara konkrit dalam pengelolaan harta benda wakaf Yayasan Al-Izzah ini. Namun, penulis melihat peran nazhir Yayasan Al-Izzah sangatlah besar, terbukti dengan upaya konkrit yang dilakukan nazhir dalam pengelolaan harta benda wakaf dengan faktor-faktor penghambatnya dan bukti perkembangan Yayasan Al-Izzah yang lebih maju dibandingkan awal pendiriannya, seperti legalisasi yayasan berbadan hukum tetap, pendirian sarana pendidikan, kegiataan sosial yang bertujuan untuk kesejahteraan umat, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Muna Hayati, M.H.I.
Uncontrolled Keywords: nazhir wakaf; Hukum Islam; Hukum Positif; Yayasan Pengembangan Wakaf
Subjects: Hukum Keluarga
Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 19:12
Last Modified: 16 Feb 2023 19:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum