EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA DAN TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023

Zul Udznain Faizul Wildan, NIM.: 18104020071 (2022) EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA DAN TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA DAN TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE GRAMATIKA DAN TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode gramatika dan tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qira‟ah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Jambi, dan mengetahui seberapa besar efektifitas metode gramatika dan tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qira‟ah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kombinasi atau campuran (mixed methods) yang menggabungkan dua metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif dan mengambil objek penelitian di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Metode pengumpulan data diakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif kemudian dikonversikan dalam bentuk kualitatif untuk menentukan seberapa besar efektivitas. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Penerapan metode gramatika dan tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qira‟ah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Jambi diimplementasikan dengan perencanaan, awalnya guru membuat RPP. Pembelajaran kemudian guru melakukan pelaksanaan pembelajaran, diawali kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dalam bentuk interaksi tanya jawab. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode gramatika dan tarjamah yaitu melakukan analisis struktur bahasa sumber dengan tujuan untuk menemukan hubungan gramatikal dan maksud setiap perkataan/ kombinasi perkataan/ frase yang ada dan pemindahan makna dari bahasa sumber ke bahasa sasaran melalui pikiran penerjemah. Media yang digunakan adalah media berbasis multimedia berupa modul atau buku paket, LKS, PowerPoint, WhatsApp dan Youtube. Evaluasi yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang diisi oleh peserta didik dan penugasan. Kedua, Efektifitas metode gramatika dan tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qira‟ah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Jambi. Berdasarkan tingkat penguasaan pembelajaran mahārah al-qira‟ah setelah diterapkan metode gramatika dan tarjamah melalui posttest pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Kota Jambi berada pada klasifikasi efektif 84.53%, dengan rentang nilai 80-89. Dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode gramatika dan tarjamah terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar mahārah al-qira‟ah pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Abdul Munip, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: metode gramatika; tarjamah; Pembelajaran Maharah Al-Qira‟ah; guru
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:08
Last Modified: 17 Feb 2023 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum