IMPLEMENTASI PASAL 12 UNDANG-UNDANG NO 18 TAHUN 2013 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERUSAKAN HUTAN PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH (STUDI DI HUTAN KAWASAN BUKIT BARISAN DESA RAMBAH TENGAH HULU KECAMATAN RAMBAH KABUPATENROKAN HULU RIAU)

Khairun Nisa, NIM.: 18103070057 (2022) IMPLEMENTASI PASAL 12 UNDANG-UNDANG NO 18 TAHUN 2013 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERUSAKAN HUTAN PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH (STUDI DI HUTAN KAWASAN BUKIT BARISAN DESA RAMBAH TENGAH HULU KECAMATAN RAMBAH KABUPATENROKAN HULU RIAU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PASAL 12 UNDANG-UNDANG NO 18 TAHUN 2013 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERUSAKAN HUTAN PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH (STUDI DI HUTAN KAWASAN BUKIT BARISAN DESA RAMBAH TENGAH HULU KECAMATAN RAMBAH KABUPATENROKAN HULU RIAU))
18103070057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PASAL 12 UNDANG-UNDANG NO 18 TAHUN 2013 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERUSAKAN HUTAN PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH (STUDI DI HUTAN KAWASAN BUKIT BARISAN DESA RAMBAH TENGAH HULU KECAMATAN RAMBAH KABUPATENROKAN HULU RIAU))
18103070057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan lingkungan akibat illegal logging sudah dirasakan oleh sebagian masyarakat, sehingga menimbulkan kesalahpahaman dan perselisihan antar warga. Studi itu dilakukan di Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah KabupatenRokan Hulu. Beberapa masalah yang terjadi di KabupatenRokan Hulu yaitu bagaimana implementasi Pasal 12 UU No. 18 tahun 2013 dan perannya Pemerintah dan hambatan dalam pencegahan dan perusakan hutan di Desa Rambah Tengah Hulu dalam perspektif fikih siyasah. Dari latar belakang yang telah penulis jelaskan diatas, maka rumusan masalah yang akan dibahas oleh penulis yaitu Bagaimana Implementasi Pasal 12 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan di Kawasan Bukit Barisan KabupatenRokan Hulu khususnya di Desa Rambah Tengah Hulu, Bagaimana Perspektif Fikih Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 12 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan. Selain dari pada itu penulis juga menggunakan jenis peneltian pustaka (library research) dan penelitian yang dilaksanakan menggunakan literature (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Dalam penyususnan skripsi ini, penulis menggunakan sifat deskriptif analisis, yaitu peneltian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai subjek yang diteliti. Penulis mengambil data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan upaya pengumpulan data, penulis akan menganalisa data dalam penelitian menggunakan analisa secara deduktif dan indikatif. Dari hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: upaya yang telah dilakukan oleh UPT KPH Rokan Hulu Dalam Pencegahan Tindak Pidana di Bidang Kehutanan di Wilayah Kerja UPT KPH Rokan Hulu di KabupatenRokan Hulu yaitu: melaksanakan kegiatan patroli perlindungan dan pengamanan hutan dalam rangka mencegah terjadinya tindak pidana kehutanan. Menjalin koordinasi dengan pihak lain dalam rangka mencegah terjadinya tindak pidana di bidang kehutanan, meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga dan mencegah terjadinya tindak pidana bidang kehutanan. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi UPT KPH Rokan Hulu dalam upaya pencegahan tindak pidana kehutanan di Rokan Hulu yaitu: hambatan internal seperti minimnya anggaran untuk melakukan penjagaan dan pengawasan hutan, terbatasnya jumlah polisi kehutanan dan tidak adanya PPNS yang ditempatkan di UPT KPH Rokan Hulu serta kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh UPT KPH Rokan Hulu, hambatan eksternal kurangnya peran serta masyarakat sekitar hutan dalam membantu petugas keamanan dalam menjaga dan melindungi hutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ocktoberrinsyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hukum, Kerusakan Hutan, Pencegahan Kerusakan, Fiqh Siyasah
Subjects: Masalah Sosial
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:55
Last Modified: 17 Feb 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum