PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI KELAS B3 TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA)

Winda Syafaatin Maulidah, NIM.: 18104030009 (2022) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI KELAS B3 TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI KELAS B3 TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA))
18104030009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI KELAS B3 TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA))
18104030009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kelas inklusi merupakan kelas yang menggabungkan antara peserta didik berkebutuhan khusus dengan peserta didik reguler dalam satu kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas B3 TK ABA Karanganyar, (2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas B3 TK ABA Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2022 yang bertempat di TK ABA Karanganyar Yogyakarta pada kelas B3. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan 17 peserta didik dengan 1 ABK di kelas B3 TK ABA Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan pembelajaran di kelas B3 terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Strategi pengelolaan pembelajaran pada peserta didik berkebutuhan khusus yaitu pembelajaran dilakukan secara bergilir dengan peserta didik reguler, dengan pendampingan belajar dan modifikasi pelaksanaan pembelajaran yaitu pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Faktor pendukung pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas B3 TK ABA Karanganyar yaitu adanya rasa toleransi dan penerimaan terhadap ABK, beragamnya kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang bakat dan minat peserta didik dan lingkungan sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran. Adapun faktor penghambat pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas B3 TK ABA Karanganyar antara lain suasana belajar yang kurang efektif karena tidak adanya guru pembimbing khusus di kelas B3, pengetahuan guru kelas yang kurang tentang penanganan anak berkebutuhan khusus dan tidak adanya kurikulum sekolah yang menunjang anak berkebutuhan khusus, karena sekolah TK ABA Karanganyar merupakan sekolah reguler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran; peserta didik; Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:51
Last Modified: 17 Feb 2023 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum