UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B1 DI RA ARIF RAHMAN HAKIM YOGYAKARTA

Su’aibatun Aslamiah Siregar, NIM.: 18104030011 (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B1 DI RA ARIF RAHMAN HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B1 DI RA ARIF RAHMAN HAKIM YOGYAKARTA)
18104030011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B1 DI RA ARIF RAHMAN HAKIM YOGYAKARTA)
18104030011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang terorganisir secara maksimal perilaku kedisiplinan peserta didik pada kelompok B1 di RA Arif Rahman Hakim Yogyakarta seperti peserta didik banyak yang datang terlambat, meletakkan tas di lantai, tidak memakai peci/kerudung saat pembelajaran dan banyak peserta didik yang membuang sampah sembarangan saat waktu istirahat. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kondisi kedisiplinan anak kelompok B1 (2) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin anak kelompok B1 dan (3) Mengeksplorasi faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin anak kelompok B1 di RA Arif Rahman Hakim Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2022 yang bertempat di RA Arif Rahman Hakim Yogyakarta pada kelompok B1. Subjek penelitian adalah guru pamong, kepala sekolah, dan 15 peserta didik kelompok B1 RA Arif Rahman Hakim Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa (1) Kondisi kedisiplinan peserta didik masuk dalam kategori disiplin sedang. (2) Upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin anak yaitu pertama guru bersikap tegas menyangkut keputusan yang telah anak perbuat seperti nilai baik, buruk, salah, dan benar. Kedua guru menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode cerita, dan metode karyawisata. Ketiga guru menerapkan tipe disiplin demokratis. Keempat guru menekankan keberadaan unsur-unsur disiplin berupa peraturan yang berlaku, adanya konsistensi atau stabilitas pada peraturan yang ditetapkan, serta menerapkan hukuman ataupun memberikan penghargaan kepada setiap peserta didik. (3) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin anak yaitu pengawasan dari kepala sekolah, keteladanan guru pamong, dan keterlibatan orang tua. Adapun faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin anak yaitu lingkungan peserta didik dan sikap apatis orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; upaya guru; karakter disiplin
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:56
Last Modified: 17 Feb 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum