IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL

Zain Arifah, NIM.: 18104030053 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL)
18104030053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL)
18104030053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pembelajaran dalam menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi 4c (creativity, communication, collaboration, critical thingking) masih sangat terbatas terutama di PAUD. Permasalahan itu terlihat dengan capaian perkembangan anak ketika proses pembelajaran berlangsung kreativitas terbatas, anak memiliki kemampuan komunikasi rendah serta mengemukakan pendapat dari hasil berkelompok atau berkolaborasi masih rendah. Hal ini diakibatkan adanya masih dominan peran guru dalam pembelajaran dan membatasi kreativitas anak dengan menyediakan media pembelajaran kurang bervariatif karena menggunakan lembar kegiatan yang tersedia di sekolah saja. Pemilihan penggunaan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) menggunakan media loose parts dipilih dengan alasannya adalah selaras dengan pendidikan abad 21 dimana keterampilan berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan berkomunikasi terasah dengan bermain. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini Kepala Sekolah, dan Guru Kelompok B1. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 15 anak di kelompok B1 usia 4-5 tahun TK Masyithoh Palbapang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif menganalisis capaian perkembangan anak secara obyektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STEAM merupakan inovasi baru di era disrupsi pada dunia pendidikan. yang merupakan pembelajaran tematik integrative, pendekatan saintifik serta berbasis teknologi, Metode STEAM merupakan satu kesatuan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir secara kritis dan kreatif yang dapat dilakukan oleh semua jejang pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini, serta metode pembelajaran STEAM ini menggunakan media- media berbasis loose parts yang mana digunakan untuk menstimulus kreaktivitas anak. Pembelajaran berbasis STEAM menggunakan media loose parts secara efektif meningkatkan kemampuan 4c anak usia 4-5 tahun sehingga direkomendasikan pembelajaran ini terus dilakukan secara berkelanjutan untuk melihat capaian kemampuan di aspek yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; STEAM; loose parts; kreativitas
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 10:41
Last Modified: 17 Feb 2023 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum