UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN STIMULASI LITERASI DINI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR 1 MAGUWOHARJO

Hafidzotul Muslihah, NIM.: 18104030054 (2022) UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN STIMULASI LITERASI DINI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR 1 MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN STIMULASI LITERASI DINI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR 1 MAGUWOHARJO)
18104030054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN STIMULASI LITERASI DINI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR 1 MAGUWOHARJO)
18104030054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran guru penting dalam pengembangan stimulasi literasi dini. Hanya saja tidak mudah bagi guru dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia dini. Hal ini dipengaruhi banyak faktor baik secara eksternal maupun internal. Guru TK An-Nur 1 Maguwoharjo berupaya mengoptimalkan dalam pengembangan stimulasi literasi dini melalui pemebelajaran literasi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru, faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam pengembangan stimulasi literasi dini anak usia 5-6 tahun di TK An-Nur 1 Maguwoharjo. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Proses penelitian ini melibatkan upaya penting dimaksudkan untuk memperoleh jawaban atas rumusan masalah yang telah peneliti susun. Sumber data ini melibatkan dua orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara bersama ibu Y dan ibu I, observasi terhadap bagaimana upaya guru dalam pembelajaran literasi di kelas dan dokumentasi dengan mengambil data dan mencatat hal-hal pokok. Analisis data dilakukan dengan model analisis Miles dan Huberman. Setelah data terkumpul lalu direduksi dengan memilih data yang dibutuhkan dan membuang data yang tidak diperlukan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam perannya mengembangkan stimulasi literasi dini kelompok B5 anak usia 5-6 tahun di TK An-Nur 1 Maguwoharjo meliputi: (a) Mengajak anak berbicara, (b) Membaca dongeng atau buku cerita, (c) Bermain peran, (d) Bermain mengenali lingkungan, (e) Bernyanyi, (f) Menulis. (2) Adapun Faktor pendukung dalam pengembangan stimulasi literasi dini kelompok B5 anak usia 5-6 tahun meliputi: (a) Minat literasi anak, (b) Media pembelajaran, (c) Metode pengenalan literasi, (d) Kepala sekolah, (e) Guru, (f) Sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam pengembangan stimulasi literasi dini kelompok B5 anak usia 5-6 tahun di TK An-Nur 1 Maguwoharjo kurangnya peran keterlibatan orang tua mendukung anak dalam belajar literasi. Kesimpulan dari penelitian ini upaya guru dalam pengembangan stimulasi literasi dini yakni dengan pembelajaran yang dirasa oleh anak sebagai bermain bukan belajar melalui aktivitas membaca cerita, bermain peran, bermain mengenali lingkungan, dan bernyanyi. Adapun faktor pendukung dan penghambat itu sendiri berasal dari metode pengenalan, cara guru mengajar, dan individu peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: upaya guru; stimulasi literasi; anak usia dini
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 10:45
Last Modified: 08 Mar 2023 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum