POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM FATIMAH AZ-ZAHRA TANJAKAN KRANGKENG INDRAMAYU

Lulu Unnisah, NIM.: 18104030071 (2022) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM FATIMAH AZ-ZAHRA TANJAKAN KRANGKENG INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM FATIMAH AZ-ZAHRA TANJAKAN KRANGKENG INDRAMAYU)
18104030071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM FATIMAH AZ-ZAHRA TANJAKAN KRANGKENG INDRAMAYU)
18104030071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy

Abstract

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh pola pengasuhan orang tua. Pengasuhan yang tepat dapat menjadikan anak bertumbuh dan berkembang secara optimal. Orang tua seharusnya menerapkan pola asuh yang sesuai sehingga anak dapat terstimulasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak. (2) Pola asuh yang dapat mengembangkan kemandirian anak (3) Faktor pendukung dan penghambat pola asuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari sembilan orang tua dan sembilan anak didik TK Islam Fatimah Az-Zahra Tanjakan Krangkeng Indramayu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat empat orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis yaitu dengan memberi peraturan yang jelas dan atas kesepakatan bersama, orang tua dapat mengontrol kegiatan anak, orang tua dan anak selalu bermusyawarah dalam pengambilan keputusan, orang tua juga memberikan pemahaman dan contoh ketika anak mengalami kesulitan. Tiga orang tua yang menerapkan pola asuh permisif yaitu orang tua lemah dalam mengontrol anak, orang tua tidak memberlakukan aturan, orang tua selalu membantu anak ketika mengalami kesulitan dan selalu memberikan apapun yang anak inginkan. Dan dua orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter yaitu orang tua sangat ketat dalam mengontrol anak, orang tua memberlakukan aturan atas kesepakatan sendiri, dan orang tua selalu menyeleksi atas kehendaknya sendiri. (2) Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis tingkat kemandirian anak sudah berkembang. Orang tua yang menerapkan pola asuh permisif tingkat kemandirian anak mulai berkembang. Dan orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter tingkat kemandirian anak belum berkembang. Jadi pola asuh demokratis dan pola asuh permisif dapat mengembangkan kemandirian anak. (3) Faktor pendukung pola asuh yaitu status ekonomi dan pendidikan orang tua. Sedangkan faktor penghambat pola asuh yaitu usia orang tua dan hereditas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: orangtua; pola asuh; kemandirian; anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 11:00
Last Modified: 17 Feb 2023 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum