FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEARNING LOSS DI KELAS IV SD NEGERI DEMANGAN

Nurul Hidayah, NIM.: 18104080017 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEARNING LOSS DI KELAS IV SD NEGERI DEMANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEARNING LOSS DI KELAS IV SD NEGERI DEMANGAN)
18104080017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEARNING LOSS DI KELAS IV SD NEGERI DEMANGAN)
18104080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penutupan sekolah akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan perubahan pada proses pembelajaran. Terlalu lama menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) meninggalkan berbagai permasalahan salah satunya yaitu learning loss. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan, (2) bagaimana upaya sekolah dalam penanggulangan learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan. Tujuannya yaitu: (1) untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan, (2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya sekolah dalam penanggulangan learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Objek penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan mengadakan teknik, teori dan sumber. Hasil penelitian dari faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan adalah: (1) Terdapat indikasi learning loss ditandai dengan terjadinya penurunan keterampilan literasi dan numerasi, penurunan nilai ujian, hilangnya keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya, kemunduran akademik. Adapun faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan yaitu a) Sarana prasarana yang kurang memadai, b) Kurangnya motivasi belajar yang kuat, c) Waktu pembelajaran yang terlalu singkat dan tidak optimal, d) Kurangnya wawasan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran. (2) Upaya sekolah dalam penanggulangan learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan yaitu: a) Tenaga Pendidik melakukan analisis terjadinya kesenjangan belajar dan merumuskan capaian pembelajaran, b) Tenaga Pendidik mengoptimalkan proses pembelajaran dan fasilitas pendukung, c) Tenaga pendidik membangun integrasi dan komitmen dengan orang tua dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: learning loss; upaya guru; peserta didik; sistem pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 11:05
Last Modified: 17 Feb 2023 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum