PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR‘AN SANTRI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK YOGYAKARTA

Wirdatul Hasanah, NIM.: 18104080036 (2022) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR‘AN SANTRI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR‘AN SANTRI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104080036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR‘AN SANTRI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104080036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Menghafal Al-Qur‘an perlu guru yang memiliki sanad yang tersambung hingga Rasulullah S.A.W. salah satu ulama di Jawa yang memiliki sanad Al-Qur‘an tersambung hingga Rasulullah adalah K.H. Munawwir Krapyak Yogyakarta. Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta merupakan salah satu lembaga yang menawarkan program menghafal Al-Qur‘an. Kecerdasan intelektual merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan, termasuk menghafal Al-Qur‘an. Madrasah Tahfidz Putri Anak tidak mensyaratkan tingkat kecerdasan intelektual tinggi untuk menghafal Al-Qur’an, sehingga terdapat perbedaan perolehan hafalan. Beberapa santri yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi. tidak semuanya mudah dalam menghafal Al-Qur‘an. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana kecerdasan intelektual (IQ) santri Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta, (2) bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur‘an santri Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta, (3) bagaimana pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‘an santri Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto studi korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Delam penelitian ini, terdapat variabel bebas yaitu kecerdasan intelektual (IQ) dan variabel terikat yaitu kemampuan menghafal Al-Qur‘an. Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas 5 Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kecerdasan intelektual yang diambil dari tes Intelligence Quotient, kemampuan menghafal Al-Qur‘an yang diambil dari tes hafalan surat An Najm ayat 1-15, proses kegiatan menghafal Al-Qur‘an yang diambil dari observasi, rekap perolehan hafalan, rekap ujian perolehan, dan gambaran lokasi penelitian yang diambil dari dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 22 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata pencapaian skor Intelligence Quotient adalah 107,68, (2) rata-rata skor kemampuan menghafal Al-Qur‘an adalah 91,57, (3) terdapat pengaruh antara kecerdasan intelektual (IQ) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‘an santri Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta dengan nilai signifikansi sebesar 0,021 dan persamaan regresinya Y=7,384 + 0,782 X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual (IQ); menghafal Al-Qur‘an; tahfidz
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 13:51
Last Modified: 17 Feb 2023 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum