MEKANISME KEGIATAN ARISAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDY KASUS DI TAKENGON, ACEH TENGAH)

Dissarami, S.H, NIM.: 20203012024 (2022) MEKANISME KEGIATAN ARISAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDY KASUS DI TAKENGON, ACEH TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEKANISME KEGIATAN ARISAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDY KASUS DI TAKENGON, ACEH TENGAH))
20203012024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MEKANISME KEGIATAN ARISAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDY KASUS DI TAKENGON, ACEH TENGAH))
20203012024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Arisan online dilakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan secara meteril, hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang membutuhan kegiatan arisan online yaitu kumpulan uang atau barang yang akan dibagikan secara berkala. Dalam praktiknya di Kota Takengon Aceh Tengah kegiatan arisan online ini menggunakan jenis arisan sistem menurun, mendatar, diuangkan dan berbentuk cash. Dengan menggunakan beberapa sistem ini, adanya ketentuan dalam arisan online yang mengakibatkan jumlah iuaran yang berbeda atau sama dengan pendapatan dari hasil arisan pada masig-masing anggota dan penetapan jangka waktu yang bisa mengakibatkan kerugian dan ketidakjelasan pada pemain sehingga penyusun tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Mekanisme Kegiatan Arisan Online Ditinjau Dari Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Permasalahan yang diteliti adalah akad yang digunakan dalam praktik arisan online, kesenjangan jangka waktu dengan nominal arisan yang didapatkan oleh anggota arisan, dan berlakunya pendapatan penghasilan jasa owner yaitu selaku pengelola arisan dari hasil arisan online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat gambaran mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Subjek dari penelitian ini adalah para pihak yang ikutserta pada arisan online yaitu owner dan anggota arisan online. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk bisa menganalisis dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan didalam akad yang digunakan pada praktiknya sudah sah dan memenuhi syarat dan rukun pada ekonomi syariah. Dilihat dalam kesenjangan waktu dengan pendapatan arisan ada yang berdasarkan sesuai syariah dan diluar aturan syariah sehingga ada unsur yang menjadikan pendapatan hasil dari arisan terhadap kedua belah pihak dimana owner dan para anggota yang diterima ini adalah syub‟hat, yakni merupakan istilah dalam Islam yang menyatakan keadaan yang samar tentang kehalalan dan keharaman suatu arisan tersebut jika dilihat dari mekanisme yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kholid Zulfa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Mekanisme kegiatan, Arisan Online, Ekonomi Syariah
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:31
Last Modified: 20 Feb 2023 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum