PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KERTODESO

Hadiyatun Nadhiroh, NIM.: 18104080048 (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KERTODESO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KERTODESO)
18104080048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KERTODESO)
18104080048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, dan cakupan materi IPS yang banyak dan luas namun tidak sebanding dengan alokasi waktu yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana kondisi awal sebelum menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping di kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso, (2) bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso, (3) bagaimana peningkatan pemahaman siswa terhadap materi IPS setelah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso yang berjumlah 15 siswa dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data tes yaitu tentang hasil tes tulis yang diperoleh siswa di setiap akhir siklus dan analisis data observasi mengenai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pemahaman siswa dikatakan meningkat apabila 75% dari jumlah keseluruhan peserta didik hasil tesnya telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPS di kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata hasil tes tulis peserta didik. Diperoleh hasil uji paired sample t-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana menunjukkan 0,000 < 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada perbedaan rata-rata hasil tes siswa antara pra siklus dengan siklus II. Pada tahap pra siklus, ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 33% dengan nilai rata-rata kelas 60,33. Setelah dilakukan tindakan siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 64% dengan nilai rata-rata kelas 74,28. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu ketuntasan klasikal menjadi 87% dengan nilai rata-rata kelas 82,2. Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II dinyatakan telah melampaui kriteria ketuntasan minimum yang sudah ditetapkan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; mind mapping; siswa; IPS.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:03
Last Modified: 20 Feb 2023 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum