EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ KELAS 3B MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Siti I’anatush Shalihah, NIM.: 18104080067 (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ KELAS 3B MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ KELAS 3B MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
18104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ KELAS 3B MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
18104080067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini: (1) Latar belakang sekolah yang berbasis pondok pesantren sehingga banyak diminati para orangtua yang ingin menyekolahkan anak di sekolah dengan basis agama Islam, (2) Program tahfidz merupakan program unggulan di MI Nurul Ummah (3) Kelas 3B memiliki rata-rata usia 9 tahun dimana usia tersebut anak sudah memiliki rasa ingin tahu dan mampu membangun komunikasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada aspek konteks, (2) bagaimana pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede pada aspek input, (3) bagaimana pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada aspek proses, (4) bagaimana hasil (produk) pada pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui evaluasi konteks pada pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, (2) mengetahui evaluasi input pada pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, (3) mengetahui evaluasi proses pada pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, (4) mengetahui evaluasi produk pada pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta Penelitian ini menggunakan jenis evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi lapangan, catatan lapangan hasil wawancara dan dokumen-dokumen pendukung, dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Objek penelitian ini adalah evaluas\i pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian dari evaluasi pelaksanaan program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta adalah: (1) hasil evaluasi konteks pada program tahfidz Al-Qur’an kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede menunjukkan bahwa program telah memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas, (2) hasil evaluasi input program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki guru telah memadai, secara keseluruhan antusiasme menghafal siswa cukup tinggi, sarana yang sudah lengkap dan prasarana sudah cukup memadai, (3) hasil evaluasi proses program tahfidz kelas 3B MI Nurul Ummah Kotagede menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan program berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan, (4) hasil evaluasi produk (hasil) menunjukkan bahwa target telah tercapai diantaranya para siswa memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan telah mencapai hafalan yang telah ditentukan oleh setiap guru pengampu dalam setiap kelompok A, B dan C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Jauhar Hatta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: evaluasi program; Tahfidz Al-Qur’an; Model Evaluasi CIPP
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 10:00
Last Modified: 20 Feb 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum